Ciptakan Kelas Interaktif dengan Aplikasi Kahoot!

18 November 2015 Solusi Pendidikan   |    Feliciany H T


Mendengarkan guru menerangkan materi menjadi hal yang biasa dan membosankan bagi kebanyakan siswa. Kelas pun menjadi tidak menarik dan membuat siswa tidak fokus. Untuk itu, seorang guru harus pandai dan kreatif untuk menciptakan kelas yang interaktif dan menarik diikuti.

Kahoot! merupakan aplikasi berbasis game yang bisa jadi cara alternatif menarik untuk meningkatkan antusias siswa untuk belajar dalam kelas. Kahoot! dapat mengubah kelas menjadi sebuah gameshow namun tak lepas dari materi pelajaran.

Dengan Kahoot!, Anda bisa membuat quiz, diskusi, atau survey mengenai materi pelajaran yang akan dibawakan. Para siswa diminta untuk menginstal aplikasi ini di perangkat Android mereka, atau bisa juga menggunakan lab komputer. Masukkan pin kode dari quiz yang Anda buat, dan mulailah gamenya!

Siswa diminta menjawab pertanyaan yang ditampilkan di layar proyektor dari device mereka masing - masing. Anda juga bisa meminta mereka untuk menjelaskan jawaban yang mereka pilih. Aplikasi ini cukup direspon baik oleh beberapa sekolah di berbagai negara.

Tidak hanya kelas, murid Anda juga bisa berdiskusi dengan kelas lain, bahkan dengan negara lain! Aplikasi ini bisa diinstal secara gratis di Google Play atau di websitenya getkahoot.com. Jangan lupa untuk membuat akun terlebih dahulu sebelum bermulai main!

(Dikutip dari berbagai sumber)