Bermain Sambil Belajar Matematika dengan Balancing Act!

28 Maret 2016 Solusi Pendidikan   |    Faqih Faturahman


Kini semakin banyak aplikasi pembelajaran matematika yang mudah Anda temui di berbagai toko aplikasi smartphone. Anda pun dengan mudah memilih materi yang tepat dan sesuai usia pembelajaran.

Kali ini kesekolah.com dalam rubrik solusi pendidikan akan membahas aplikasi edukasi belajar matematika yaitu Balancing Act. Permainan edukasi ini memuat kisah unik di balik pengembangannya. Aplikasi permainan ini dibuat oleh sepasang suami istri asal Australia Ann Baker dan Johnny Baker. Mereka tergabung dalam sebuah perusahaan bentukannya bernama Natural Math.

Aplikasi Balancing Act dibuat untuk mempermudah para orangtua maupun guru untuk memberikan pengajaran menarik serta konsep matematika yang digunakan dalam aplikasi. Aplikasi ini menantang anak untuk mengasah kemampuan penggunaan operasi matematika seperti tambah, kurang, kali, dan bagi dan menganalisanya untuk bisa mendapatkan hasil pada akhir perhitungan.

Cara Bermain

Dalam permainan Balancing Act ini, pemain akan dihadapkan beberapa soal matematika dan Anda disuruh untuk memilih di mana harus menempatkan penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian untuk memeriksa dan mendapatkan hasil yang sama atau seimbang pada hasil operasi akhir.

Ada tiga level dalam permainan Balancing Act. Yaitu level 1 hanya ada operasi + dan -. Level 2 ada pilihan +, - atau × dan Level 3 ada bentuk operasi +, -, × or ÷ yang dibutuhkan untuk menyelesaikan dan menempatkan operasi serta mendapatkan hasil yang seimbang.

Unduh Aplikasinya di sini:

https://itunes.apple.com/gb/app/balancing-act/id465322032

(Dikutip dari berbagai sumber)