Belajar Mengenal Bintang dan Objek Astronomi dengan Stellarium

14 Oktober 2019 Solusi Pendidikan   |    Josua Manurung


Bagi Anda pecinta astronomi dan suka sekali mempelajari objek astronomi lainnya seperti bintang, planet-planet, galaksi, ada aplikasi menarik dan tentunya harus Anda coba.

Dalam rubrik solusi pendidikan kesekolah.com seperti biasa akan mengulas sebuah software PC yang tentunya menarik dan mendidik terutama bagi Anda yang ingin mempelajari bintang dan objek astronomi lainnya. Nama aplikasi tersebut adalah Stellarium!

Apa itu Stellarium?

Dari namanya, stellarium berasal dari kata ‘stellar’, yang artinya bintang. Stellarium merupakan software yang mensimulasikan bintang - bintang baik siang maupun malam secara realtime atau seperti pada kondisi sesungguhnya. Tidak hanya menampilkan bintang-bintang saja, namun juga planet, galaksi, nebula, cluster dan objek astronomi lainnya.

Stellarium sendiri dikembangkan pada tahun 2001 oleh seorang programmer dari Perancis, Fabien Chéreau. Stellarium ini dikembangkan di bawah lisensi GNU (General Public License), sehingga software ini terbuka (open source) dan free!

Melalui aplikasi ini, Anda bisa mengajak si kecil maupun keluarga menjelajahi luar angkasa dan juga mengenal objek-objek astronomi lainnya. Aplikasi ini bisa Anda gunakan di PC maupun MAC. Yuk langsung saja unduh dan coba aplikasinya di sini: www.stellarium.org

(Dikutip dari berbagai sumber)