Belajar Mengajar yang Konstruktif dan Interaktif

25 Maret 2013 Solusi Pendidikan   |    Rosaria Lia


Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi global terjadi secara cepat. Salah satu hasil teknologi yang sudah ada di awal perkembangan teknologi adalah tersedianya berbagai macam komputer dan laptop. Penggunaan komputer dan laptop telah merubah banyak metode pengajaran di dunia edukasi secara global. Banyak guru merasa terbantu dalam menyajikan materi pembelajaran. Penggunaan laptop di dunia belajar mengajar juga sangat membantu peningkatan pembelajaran bagi siswa.

Yuks coba kita ulas beberapa manfaat laptop dan komputer jika dipadupadankan dengan teknologi lainnya, sehingga bisa memaksimalkan sistem belajar mengajar di sekolah.

Mobile


Adanya laptop memungkinkan proses belajar mengajar untuk dilakukan secara lebih mudah dan fleksible. Guru dapat mengajar di berbagai tempat yang nyaman di lingkungan sekolah dengan memanfaatkan fasilitas laptop yang didukung dengan internet yang stabil. Banyak pengajar menemukan bahwa mobilitas ini memungkinkan mereka untuk menyiasati rutinitas dan kejenuhan belajar mengajar yang biasanya dilakukan di dalam kelas.

Efesien & Efektif

Dengan media pengajaran digital guru, media pembelajaran tidak hanya terbatas pada menulis di papan tulis dan dokumen cetak. Teknologi memungkinkan pembelajaran dapat dilakukan secara paperless/efisien kertas dan waktu. Hal-hal lain yang biasanya harus dicetak, seperti bentuk penilaian, rencana pelajaran dan catatan dapat dilihat dan dijelaskan dengan mengunakan media laptop. Hal ini juga meminimalisasi kekhawatiran akan kehilangan lembar kertas atau catatan. Selain itu pengajar juga dapat menggunakan versi digital dari buku teks untuk menggantikan buku cetak yang berat dan sangat merepotkan untuk dibawa bawa. Laptop dapat menyimpan semua catatan penting di satu tempat. Guru dapat mengakses apa yang dilakukan di hari sebelumnya dengan sentuhan tombol. Selain itu guru dapat mengambil kehadiran dan melacak nilai dengan cepat dan mudah.

Interaktif


Laptop yang digabungkan dengan teknologi interaktif yaitu projektor dan alat interaktif memungkinkan metode pembelajaran dua arah. Ketika guru guru menyampaikan materi pembelajaran, siswa dapat diminta untuk lebih berkolaborasi dan kreatif dalam menyerap dan memahami materi.Pelajaran audio visual melalui presentasi akhirnya semakin bisa ditingkatkan dengan adanya jaringan internet yang baik, siswa dapat langsung ke sumber informasi online dari berbagai situs edukasi, salah satunya adalah kesekolah.com.

Challenge


Di samping membawa dampak positif, jika tanpa guidance atau bimbingan dari para guru teknologi juga bisa berdampak negatif bagi siswa-siswi. Dengan adanya device dan koneksi internet yang mendukung, hal negatif juga ikut mengintai siswa dalam kelas, game adalah contoh yang paling umum kita temui. Lalu bagaimana kita dapat mengadaptasi teknologi di sekolah, namun tetap di jalur positif?

Mobile Class dari Infinity Mobile Class bisa menjadi solusi untuk menjaga dan membimbing siswa-siswi untuk mengunakan teknologi secara baik. Laptop yang ada bisa dimanfaatkan secara lebih maksimal, karena dengan mobile class yang berbasis software ini, proses belajar mengajar bisa menjadi lebih interaktif dan menarik. Mobile Class dapat meningkatkan partisipasi dan kolaborasi siswa melalui modul-modul pembelajaran yang konstruktif dan kolaboratif.

Dengan Mobile Class guru dapat membagikan materi belajar dalam bentuk video yang dapat ditampilkan di layar setiap siswa. Mobile Class ini juga memiliki fitur monitoring yang advance, dengan fitur monitoring yang dimiliki, guru dapat mengeliminasi aktivitas siswa yang tidak diinginkan, seperti bermain game, membuka facebook, atau aktivitas lainnya yang tidak sesuai dengan kegiatan kelas.

Diskusi


Apakah dimungkinkan diadakan diskusi secara independen? Dengan fitur CollaboDoc adalah diskusi independen oleh siswa sangat mungkin untuk dilakukan. Siswa dapat secara bebas namun terarah melakukan diskusi yang inovatif, sehingga siswa terlatih untuk bekerja sama dan memecahkan masalah. Guru dapat membagi kelas menjadi beberapa kelompok diskusi, setiap kelompok diskusi secara kompak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dengan slide dokumen yang saling terhubung, guru juga dapat ikut serta dalam diskusi setiap saat untuk memantau atau mengoreksi kesalahan setiap saat. Setelah waktu diskusi selesai guru dapat menampilkan hasil diskusi didepan kelas dengan proyektor, dengan solusi ini guru dapat menghemat waktunya dari harus menunggu siswa menulis hasil diskusinya satu persatu.

Pembelajaran konstruktif


Guru dapat membimbing siswa untuk mengembangkan ide mereka sendiri, guru dapat berlaku sebagai pembimbing atau fasilitator untuk mendorong siswa mengembangkan ide, opini, dan kesimpulan. Guru nantinya dapat meminta siswa untuk menjelaskan ide mereka.

Dengan teknologi yang terus berkembang terutama di dunia edukasi challenge di atas dapat dijawab dengan sistem monitoring. Teknologi seperti mobile class juga mendorong aktivitas belajar mengajar yang konstruktif dan interaktif. Sistem belajar yang demikian pada akhirnya akan membawa siswa untuk terlibat lebih aktif dalam proses pembelajaran.