Belajar Mencintai Indonesia

15 Agustus 2014 Solusi Pendidikan   |    Fita Chakra


Sejak awal, saya memahami bahwa anak-anak saya yang kebetulan bersekolah di sekolah Islam, memperoleh sedikit porsi pelajaran kebangsaan. Alih-alih menyesali, saya merasa tanggung jawab mengenalkan Indonesia ada pada kami, orangtuanya. Berikut ini beberapa kegiatan yang kami lakukan untuk membuat anak-anak mengenal dan mencintai Indonesia.

1. Menyisipkan agenda mempelajari budaya dan sejarah saat liburan.

Liburan ke mal mungkin sudah sering. Bagaimana dengan pergi ke museum? Pergi ke tempat pembuatan batik atau kain tenun? Pergi melihat pertunjukkan tari?

Liburan lalu, kami sempat pergi ke sebuah pantai di Jepara. Kami menyempatkan diri mampir ke sentra kerajinan tenun torso. Di sana, anak-anak melihat cara membuat kain itu mulai dari cara menenunnya, berbincang dengan pengrajin, dan mengetahui bahwa prosesnya ternyata memakan waktu lama. Setelah itu, kami berdiskusi tentang macam-macam kain tradisional yang ada di Indonesia.

Di kesempatan lain, saya mengajak anak-anak pergi ke Museum Gajah. Pulangnya, saya minta anak-anak menggambar dan menceritakan segala hal yang diingat dari perjalanan tadi. Dari kegiatan ini, saya berharap anak-anak mengenangnya.


2. Mengenalkan berbagai makanan khas daerah

Kebetulan, anak-anak saya punya selera Indonesia. Makanan Indonesia dari manapun mereka lahap. Karena itu, kesempatan untuk mengenalkan asal masakan itu tak saya sia-siakan. Paling tidak, mereka tahu bahwa rendang itu adalah makanan khas Padang dan gudeg banyak ditemui di Yogya.

3. Menanggapi pertanyaan anak-anak tentang Indonesia.

Seringkali, anak-anak bertanya tentang peringatan hari-hari besar. Biasanya, kami ajak anak-anak berdiskusi dan mencari tahu jawabannya di buku maupun internet. Dengan demikian mereka lama kelamaan akan mengerti.

Demikian beberapa kegiatan yang kami sekeluarga lakukan. Mungkin Anda bisa menambahkan?

(Penulis adalah bunda dari tiga putri. Bekerja sebagai penulis, guru ekskul menulis, dan trainer penulisan.)
Blog: fita-chakra.blogspot.com