Solusi Pendidikan
9 April 2013

Belajar CS-STEM (Science Technology Engineering Maths)

oleh: Rosaria Lia

We cannot sustain an economy based on innovation unless we have citizens well educated in math, science, and engineering. If we fail at this, we won't be able to compete in the global economy. (Bill Gates- Microsoft Founder)

Kita tidak akan bisa menyokong perekonomian bangsa secara inovatif tanpa orang-orang yang ahli di matematika, sains dan teknik. Jika dalam bidang ini kita gagal, kita tidak akan mampu bersaing di kancah ekonomi global. Demikian kutipan dari Bill Gates yang diangkat oleh Christy Tsang, Program Manager dari iCarnegie dalam seminar Education Insight 2013 dengan topik CS-STEM: Learning for 21st Century.

Apa itu CS-STEM?

Seperti kalimat yang dikutip dari Bill Gates di atas, CS-STEM atau Computer Science - Science Technology Engineering Maths adalah pelajaran dasar atau fundamental yang harus dikuasai untuk meningkatkan daya dan pola pikir yang mengarah pada perkembangan anak generasi abad 21 sehingga mereka berani mengeksplore kemampuan belajar dalam situasi perkembangan global yang sarat akan perubahan dan tantangan.

Dengan pelajaran dasar yang menggabungkan bidang sains teknologi teknik dan matematika, anak diharapkan mampu untuk menjadi lebih kritis dan tanggap dalam memecahkan masalah ataupun situasi yang dihadapinya.

Sejarah mencatat keberhasilan Sputnik, satelit pertama yang diluncurkan oleh Soviet Union pada tahun 1957.

Disusul dengan pembentukan NASA pada tahun 1958. NASA merupakan sebuah lembaga yang mendalami secara terus menerus mengenai pengetahuan orbital.

Dimana CS-STEM berperan? NASA sangat membutuhkan tenaga ahli yang memahami dan menguasai ilmu ruang angkasa.

Dalam hal ini perancangan satelit dan teknologi menjadi sesuatu yang essensial. Penguasaan CS-STEM akan menjadi faktor utama yang mendasari hal yang dianggap tidak mungkin menjadi mungkin terjadi.

Bukanlah berarti bahwa dengan belajar CS-STEM anak akan dipersiapkan untuk menjadi seorang teknisi atau karena akan mengambil jurusan sains atau teknis pada saat kuliah nanti. Yang menjadi basic dari belajar CS-STEM adalah bahwa anak harus memahami konsep dasar CS-STEM. Hal ini dimungkinkan jika anak mulai belajar dari awal dan bahkan belajar mengaplikasikannya sejak dini, sehingga anak akan secara bertahap tumbuh dan berkembang dalam kerangka pemikiran logis, kreatif, dan inovatif.

LEARNING BY DOING
Sekolah memang mengajarkan sains, teknologi komputer, teknik dan matematika. Namun pengaplikasian dalam pemecahan masalah secara langsung lah yang bisa menghubungkan ke empat bidang tersebut secara nyata. Penggabungan pengaplikasian CS-STEM inilah yang menjadi dasar terciptanya metode pembelajaran melalui media baru yaitu robot. Melalui "project based program" yaitu learning by doing, anak-anak diarahkan untuk mengaplikasikan CS-STEM dengan sistem belajar yang fun dan komunikatif.

PROBLEM SOLVING
Anak-anak juga akan belajar bagaimana menciptakan dan memprogram robot dari tingkat dasar hingga ke pemrograman robot yang kompleks berdasarkan tingkatan belajarnya. Dari sini anak akan belajar untuk berfikir kritis dalam memecahkan sebuah tantangan atau masalah.

REPORTING
Di sesi akhir setiap project yang dikerjakan, anak akan dibimbing untuk membuat report untuk project yang telah dikerjakan. Dari pembuatan report tersebut, anak belajar untuk menyusun report dengan baik, dari segi pemilihan kata maupun kerangkanya. Mengkomunikasikan hasil tersebut menjadi pembelajaran yang terintegrasi dengan reporting.

TIME MANAGEMENT
Hal lain yang dipelajari oleh anak adalah time management. Anak akan belajar mengatur berapa lama waktu yang digunakan untuk setiap step penyelesaian project. Belajar bersosialisasi dan bekerja dalam team otomatis menjadi satu kesatuan yang otomatis dipelajari. Secara rasional, anak akan menyadari bahwa dibutuhkan kerjasama yang baik dengan teman sekelompok untuk mencapai hasil maksimal, baik dari inovasi robot yang dibentuk, kemudian pencapaian project pada waktu yang tepat, penyusunan report hingga mempresentasikan hasil kerja mereka.

Salah satu pengembang professional dan kompeten untuk STEM adalah iCarnegie yang merupakan subsidiary Carnegie Mellon University, U.S.A. Dengan kurikulum yang lengkap dan sistematis, iCarnegie memberikan suatu metode pengajaran STEM yang fun, penuh tantangan dan progresif. Kurikulum belajarnya pun diberikan dalam berbagai program seperti full atau part time courses, kegiatan ektrakurikuler, hingga holiday camps. Di akhir program, kelulusan anak akan ditandai dengan pemberian sertifikat kelulusan dari Carnegie Mellon University yang diakui secara international.

Dengan STEM, anak siap menjadi generasi abad 21, generasi aktif, kreatif, inovatif di segala kondisi dan tantangan.

Jangan penah berhenti belajar, membuka wawasan dan mengekspore kemampuan. Yuks belajar bersama kesekolah.com.

Artikel Solusi Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Artikel dan Berita Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris