Beberapa Tips untuk Menjadi Pengajar yang Dapat Mendengarkan Muridnya.

8 Januari 2018 Solusi Pendidikan   |    Josua Manurung


Sebagai seorang pengajar dimana Anda dituntut untuk menjadi Panutan serta Orang tua kedua bagi Murid anda di sekolah tentu saja sangat penting bagi Anda untuk menjadi Tempat bagi Murid anda dapat menyampaikan keluh kesahnya, sehingga anda pun mempunyai hubungan yang baik dengan Murid Murid anda.

Memahami bahwa setiap Murid hidup di Lingkungan yang berbeda, dimana ada beberapa Murid yang tidak dekat dengan Keluarganya, dan bahkan memiliki Keluarga yang Broken Home. Menurut beberapa Survei pun Tipikal Murid seperti ini menganggap Guru mereka adalah Orang tua mereka dimana mereka dapat menceritakan masalahnya. Dimana sebagai Pengajar kita juga bukan hanya dihormati melainkan para Murid juga mempunyai Hak untuk di hormati dan di anggap. Berusahalah lebih dalam mendengarkan dan menjalin hubungan yang dekat dengan Murid sehingga mereka merasa nyaman untuk menceritakan Kesulitan mereka dalam belajar.

Minnesota House Education Policy and Reform Committee mempelajari bahwa sebagian besar Murid menginginkan perhatian dan hubungan yang baik dengan para Pengajar mereka, dimana dengan ketidak puasan Murid dalam Belajar malah Menurunkan kemauan belajar serta nilai para Murid tersebut.Dengan belajar untuk Mengerti dan Mendengarkan Murid Anda, Resiko menghadapi suatu permasalahan besar dalam Kegiatan Belajar Mengajar berkurang sedikit.

Berikut ini beberapa Tips untuk menjadi Pengajar seperti itu:

1. Jadilah Pendengar yang Aktif: Dalam mendengarkan, cobalah dengan memberikan beberapa respon seperti gerakan tubuh, respon singkat yang menandakan anda mengerti serta Anda tidak boleh memotong pembicaraan mereka dan juga jangan pernah menghakimi mereka. Cobalah untuk lebih mendengarkan dan memberikan masukan yang positif.

2. Jangan Gampang Terpengaruh: Pada saat sesi ini berjalan cobalah untuk tidak terpengaruh dengan apapun dari sekitar Lingkungan anda, Cobalah melakukannya di tempat yang sunyi sehingga anda dapat fokus mendengarkan Murid anda

3. Tunjukan Empati Anda: Dengan menunjukan sikap Empati kepada Murid anda, Murid anda merasakan bahwa anda perduli akan keadaan mereka. Ketika anda menunjukan rasa peduli anda terhadap mereka, Murid akan lebih berani untuk mengungkapkan perasaan mereka.

4. Tunjukkan bahwa Anda Berkeinginan untuk mendengarkan: Tunjukkan beberapa aksi seperti menegur Murid lain apabila berisik saat temannya sedang bicara, Mengangguk menandakan anda mendengarkan dan mengerti mereka, tatap mata mereka saat mereka berbicara serta berdirilah atau duduk di sebelah Mereka saat mereka berbicara.

Dengan menjadi Pengajar yang dapat mendengarkan tentu semua keuntungan ini akan dirasakan oleh Murid kita dimana nantinya kita juga menjadi Pendengar yang mereka anggap sebagai Panutan Mereka, menjadi tempat mereka menceritakan kesulitannya sehingga membuat kegiatan Belajar Mengajar menjadi lebih lancar.

(Dikutip dari beberapa sumber)