Banyak Cara untuk Menenangkan Suasana Kelas yang Ribut, dan Ini Diantaranya!

29 Agustus 2016 Solusi Pendidikan   |    Feliciany H T


Kelas ribut sudah menjadi hal yang lumrah. Semua guru pasti pernah menghadapi pengalaman yang satu ini. Baik itu guru TK, SD, SMP, SMA, hingga kuliah. Berbagai cara pun dilakukan agar suasana kelas tenang kembali. Namun tak jarang kelas pun menjadi ribut kembali.

Tapi janganlah cepat menyerah. Seperti kata pepatah ‘Banyak jalan menuju Roma’. Artinya jika cara Anda tidak berhasil, masih banyak cara lain untuk membuat suasana kelas menjadi tenang. Di edutopia.org, komunitas guru banyak menshare cara - cara mereka untuk menenangkan keraimaian di kelas.

Seperti guru kebanyakan, para guru di komunitas ini juga menggunakan cara memberi perhatian. Seperti mematikan dan menyalakan lampu, membunyikan bel, memukul meja, atau memberi peringatan agar memperhatikan.

Namun perlu diperhatikan bahwa setiap jenjang pendidikan memiliki cara yang berbeda. Tidak mungkin kan guru membentak atau memukul meja saat mengajar anak TK?

Bagi Anda guru TK atau SD, cara yang baik untuk menarik perhatian siswa adalah dengan memberi peringatan dengan lembut. Atau jika tidak efektif, gunakan alat musik atau sumber suara yang tidak terlalu nyaring, seperti lonceng angin dan suling. Atau Anda bisa gunakan aplikasi untuk mengukur meter keributan di kelas. Aplikasi akan mengeluarkan suara jika tingkat keributannya tinggi.

Bagi Anda guru SMP, Anda dapat memberi peringatan pada siswa untuk diam selama 20 detik jika mereka mulai ribut. Setelah 20 menit diam, Anda bisa sedikit basa - basi terlebih dahulu sebelum melanjutkan materi. Cara lainnya adalah mengajak siswa berbincara sebelum masuk kelas. Hal ini dipercaya dapat mensosialisasi anak ke perilaku produktif. Simak videonya berikut:

Berbeda dengan jenjang sebelumnya, jenjang SMA diakui paling sulit untuk dikontrol. Seorang guru berhasil menemukan cara untuk menenangkan mereka. Yakni dengan menuliskan kalimat ini dengan huruf tebal:

"Jika kalian tetap ingin berbicara di pelajaran saya, saya akan mengambil waktu istirahat kalian. Kalian harus duduk diam sementara saya menjelaskan kembali materi yang kalian lewatkan tadi. Jika kalian tetap tidak mau diam, kalian harus tetap dikelas sepulang sekolah"

Itulah beberapa cara para guru dari berbagai negara untuk menenangkan kelas mereka. Bagaimana cara Anda?

(Disadur dari edutopia.org)