5 Jurusan Kuliah dengan Prospek Karir Menjanjikan

2 Maret 2015 Solusi Pendidikan   |    Faqih Faturahman


Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan karir yang mapan dan bergengsi begitu lulus saat kuliah. Maka dari itu, jurusan kuliah yang Anda pilih akan sangat berpengaruh pada karir di masa depan nanti. Meskipun, hidup kadang sulit ditebak.

Bagi para siswa SMA sederajat yang sebentar lagi mengakhiri masa sekolah, harus memiliki pertimbangan yang baik dalam memilih jurusan kuliah yang akan diambilnya nanti. Hal ini memang agak sulit dan perlu didiskusikan bersama anggota keluarga.

Sebisa mungkin, pastikan kalau jurusan kuliah yang Anda ambil memiliki prospek karir yang cerah sehingga begitu Anda menyelesaikan kuliah, tak perlu susah payah lagi mencari pekerjaan. Pekerjaan yang akan menghampiri Anda nantinya. Namun, satu hal yang perlu diperhatikan yaitu pastikan Anda benar-benar mempunyai passion dalam bidang yang akan diambil.

Berikut adalah 5 jurusan kuliah dengan prospek karir yang menjanjikan sebagai referensi Anda dalam mengambil jurusan saat kuliah nanti:

Computer Game Design


Pesatnya perkembangan teknologi dan hiburan, membuat jurusan Computer Game menjadi salah satu jurusan yang patut diperhitungkan. Tidak diragukan lagi kebutuhan masyarakat akan hal ini tidak akan ada habisnya dan juga akan semakin berkembang mengikuti zaman. Di Indonesia sendiri, ada beberapa Perguruan Tinggi yang menawarkan jurusan game dari negeri hingga swasta. Perguruan Tinggi seperti ITB,ITS menghadirkan jurusan ini. Sedangkan swasta ada Binus University dan juga UMN.

Cyber Security


Saat ini, teknologi merupakan hal yang sangat vital. Tumbuh kembang internet dan bidang komunikasi yang melakukan pengolahan data secara online yang kini semakin berkembang pesat. Hal tersebut pastinya membutuhkan keamanan data yang ekstra mengingat ada banyaknya data yang harus dilindungi misalnya saja data perusahaan dan pribadi yang tidak bisa dipublikasikan begitu saja.

Karenanya jurusan Cyber Security menjanjikan prospek karir yang cerah di masa kini dan yang akan datang. Lembaga pemerintah dan perusahaan-perusahaan besar selalu ingin memastika keamanan data mereka sehingga dipastikan mereka akan membutuhkan tenaga ahli dalam bidang pengamanan data dan sistem komputer.

Pastinya di masa yang akan datang, orang yang mempunyai keahlian seperti ini akan sangat dicari. Bahkan sekarang ini rata-rata gaji bagi yang bekerja di bidang ini juga tinggi yaitu mencapai $116.000.

Biomedical Engineering


Dalam jurusan ini, Anda berkesempatan untuk menciptakan hal-hal baru dalam hubungannya dengan pengobatan dan kesehatan. Teknologi kesehatan juga semakin berkembang pesat belakangan ini dan diperkirakan takkan pernah berhenti dalam menciptakan hal-hal baru.

Maka dari itu jurusan ini sangat memiliki prospek yang begitu cerah. Di USA sendiri, gaji yang ditawarkan bagi orang yang memiliki kemampuan ini sangat tinggi. Gaji awalnya saja sebesar $53.800 dan mencapai $97.800 setelah mencapai level pertengahan.

Business Analytic


Jurusan bisnis juga menjadi hal yang bisa diperhitungkan. Analisis bisnis pada penerapannya lebih mirip dengan ilmu pengolahan data. Orang-orang yang bergerak dalam bidang ini menggunakan data dan statistic untuk menguji pencapaian suatu bisnis. Mata kuliah yang akan kamu pelajari jika mengambil jurusan ini misalnya math, computer software, communication skills dan statistic. Cukup besar, di USA orang yang memiliki skill seperti itu digaji dengan rata-rata sebesar $77.000.

Sustainability


Pekerjaan dalam bidang ini membantu kita untuk menemukan cara menciptakan benda-benda dan tempat yang lebih efisien untuk mengurangi sampah dan polusi. Karenanya bidang ini sangat diperlukan agar planet kita tetap terjaga kualitas dan kelestariannya.

Itu dia 5 jurusan yang memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Satu hal lagi yang perlu diingatkan, pilihlah jurusan sesuai ketertarikan Anda karena menjalani kuliah seharusnya dengan sepenuh hati. Tidak karena disuruh atau sekedar ikut-ikutan teman. Semoga hal ini menjadi solusi dan referensi bagi siswa-siswi yang nantinya akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

(Dikutip dari berbagai sumber)