15 Netiquette (Etika) untuk Forum / Diskusi Online

22 Oktober 2014 Solusi Pendidikan   |    Lie Hardy Setiady


Mr. Edol kali ini menemukan infografik yang menarik nich. Berisi tentang 15 peraturan dalam berdiskusi online lewat forum dan sosial media lain. Banyak forum bermunculan di internet yang paling terkenal di Indonesia adalah Kaskus.

Mr Edol yakin banyak teman - teman yang merupakan kaskuser. Nah info grafik ini pantas di baca agar teman - teman makin nyaman berdiskusi di internet. Oh ya Netiquette itu adalah singkatan dari Net dan etiquette yang berarti etika untuk berselancar di jaringan (internet). Berikut 15 tata krama yang sebaiknya dilakukan selama kita berdiskusi di internet:

  1. Sebelum kita bertanya di forum diskusi, sebaiknya kita memeriksa terlebih dahulu apakah sudah ada yg bertanya hal yang sama dan mendapatkan jawaban. Karena sebaiknya kita tidak mengulang - ngulang hal yang sama.
  2. Tetap pada topik diskusi - Jangan memberikan links, komentar, pemikiran dan gambar yang tidak sesuai dengan topik.
  3. Jangan pernah mengetik dengan menggunakan huruf besar semua. Jika Anda lakukan itu sama seperti Anda sedang berteriak.
  4. Jangan menulis sesuatu yang kedengaran / seperti marah atau sarcastik meski cuma untuk bercanda, karena tanpa mendengar intonasi suara Anda, lawan bicara bisa tidak dapat menyadari kalau Anda bercanda.,
  5. Ingat selalu untuk memulai permohonan dengan mohon, tolong dan berterima kasih ketika kita meminta bantuan teman dari diskusi.
  6. Hargai opini dari teman kelas atau teman diskusi. Kalau kita tidak setuju lakukan dengan sopan dan tunjukkan point point penting dari argumen teman Anda. Dan ketahui juga kalau orang bisa mempunyai perspektif yang berbeda.
  7. Jika membalas pertanyaan teman, pastikan kalau jawaban kita tepat! Jika kita tidak yakin 100% jangan menebak! Karena kalau tidak, Anda dapat mengacau dan teman kita tidak akan menyukainya.
  8. Jika kita bertanya dan banyak orang yang menanggapi, buat suatu kesimpulan dari semua jawaban dan kirim balik kesimpulan tersebut agar berguna buat semua anggota.
  9. Jawab dengan singkat. Jika kita menulis / menjawab dengan panjang lebar untuk suatu pertanyaan sederhana. Sangat mungkin orang tidak akan menghabiskan waktu untuk membaca jawaban tersebut.
  10. Jangan berkata - kata kasar kepada yang lain atau menyebut mereka bodoh. Anda mungkin tidak setuju dengan ide mereka , tapi jangan mengejek mereka.
  11. Jika hendak berbicara sesuatu yang pernah diucapkan teman ada di awal diskusi, kutip beberapa kata - kata / kalimat yang diucapkannya agar yang lainnya tidak perlu mencari - cari atau mengkira - kira apa yang anda maksud.
  12. Sebelum mengajukan pertanyaan, periksa terlebih dahulu FAQs (Pertanyaan yang sering diajukan) atau cari di internet apakah jawaban pertanyaan Anda mudah ditemukan.
  13. Periksa kembali komentar - komentar terkini sebelum membalas komentar yang sudah lama. Karena bisa saja topik tersebut sudah terpecahkan dan sudah berpindah ke opini lain.
  14. Jadilah pemaaf. Jika teman kelas / diskusi anda membuat kesalahan. Jangan mengolok - olok dia. Karena itu mungkin saja terjadi pada kita.
  15. Periksa kembali ejaan dan penggunaan kata - kata sebelum mengirim komentar apapun ke diskusi. Hal ini hanya memakan waktu beberapa menit tapi bisa memberikan perbedaan dari seperti orang bodoh dan orang pintar.


Semoga info ini dapat membantu kita menjadi lebih baik dan nyaman dalam berdiskusi online.

Mr Edol terbuka untuk saran dan pendapat teman -teman.

Lampiran