Seminar Nasional Pengaplikasian Telematika (Sinaptika) 2012

30 April 2012 Promo


Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terbukti telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam perkembangan bangsa maupun dalam penyelesaian berbagai permasalahan. TIK telah membantu memberdayakan masyarakat dalam berbagai pergerakan kemasyarakatan seperti kepedulian terhadap isu - isu demokrasi, kesetaraan peradilan, kepedulian terhadap bencana, dan berbagai aksi yang lain.

Salah satu permasalahan bangsa yang signifikan saat ini adalah Korupsi. Masyarakat Transparansi Internasional merilis persepsi indeks korupsi tahun 2010 yang menempatkan Indonesia sebagai salah satu negara dengan permasalahan korupsi paling berat (CPI Report 2010, www.transparency.org). Berbagai pihak telah berupaya menyelesaikan permasalahan korupsi ini dengan berbagai gerakan anti korupsi. Dalam upaya penyelesaian permasalahan korupsi ini pun, TIK telah diakui sebagai salah satu sarana pendukung gerakan anti korupsi. Dalam tataran kebijakan, peran TIK telah dimasukkan dalam Rencana Aksi Nasional Pemberantasan Korupsi 2004 - 2009 dan Draft Rencana Aksi Pemberantasan Korupsi 2011 - 2025 (bappenas.go.id). Dalam tatataran implementasi peran TIK misalnya diterapkan dalam proses pengadaan barang dan jasa secara elektronik.

Meskipun Rencana Aksi Pemberantasan Korupsi telah dimulai dan dilaksanakan tahun 2004 ,dengan TIK sebagai salah satu sarana pendukungnya, namun sampai sekarang korupsi masih menjadi permasalahan yang belum terselesaikan. Dengan dasar ini maka Seminar SINAPTIKA 2012 diadakan sebagai salah satu media untuk mengaktualisasikan kembali peran TIK dalam mendukung gerakan Anti Korupsi Nasional.

Mengacu pada latar belakang di atas, tahun 2012 ini SINAPTIKA diadakan dengan tema "Aktualisasi Peran TIK Dalam Mendukung Gerakan Anti Korupsi Nasional". Diharapkan seminar ini dapat:

  • Menjadi media saling berbagi pengetahuan, pengalaman, metode, maupun kakas (tools) yang terkait dengan TIK untuk memberdayakan masyarakat, khususnya terkait dengan gerakan anti korupsi
  • Memunculkan gagasan dan atau pemikiran peran TIK dalam pemberdayaan masyarakat khususnya dalam rangka mendukung gerakan anti korupsi


Dengan demikian, maka Universitas Mercu Buana sudah selayaknya untuk turut serta dalam mengembangkan teknologi informasi ini sesuai dengan kompetensi perguruan tinggi dalam membangun karekter masyarakat yang bersih dan bebas dari korupsi. Bukan hanya secara institusi namun juga bagi individu, dimana hal ini menjadi motivasi tersendiri bagi para akademisi untuk dapat mengeluarkan ide-idenya sebagai sumbangsih terhadap perkembangan kebutuhan IT di Indonesia khususnya dalam mendukung gerakan anti korupsi.

Kegiatan SINAPTIKA 2012 berlangsung selama 3 hari, yaitu mulai dari tanggal 5 - 7 Juli 2012 (Kamis - Sabtu), yang diselenggarakan di kampus Universitas Mercu Buana Meruya Jakarta. Adapun jenis kegiatan dari SINAPTIKA 2012 terdiri dari:

  • Donor Darah
  • Pengabdian Masyarakat
  • Berbagai Lomba TIK
  • Bedah Buku
  • Pameran & Bazaar
  • Seminar Call Paper