Stretch Mark

16 Juni 2014 Konsultasi   |    dr. Ivander Utama, F.MAS, SpOG.


Dear dok,
Saya baru melahirkan dan ada stretch mark pada perut saya. Bagaimana cara menghilangkannya?
Terima kasih
Sheila

Jawab:
Dear Sheila,

Sayang sekali kamu tidak menjelaskan kapan persalinannya terjadi. Pada prinsipnya, stretchmark terjadi akibat perubahan regangan kulit secara cepat yang menimbulkan pecahnya kolagen. Stretchmark dapat ditimbulkan oleh: kehamilan, persalinan, dan diet (dari gemuk, tiba-tiba kurus atau sebaliknya).

Saat kehamilan, stretchmark yang terbentuk bisa berwarna putih atau kemerahan. Setelah persalinan terjadi, maka stretchmark tidak akan memudar, namun biasa warnanya akan menjadi lebih gelap.

Tidak ada pencegahan dan pengobatan stretchmark yang 100% efektif, namun beberapa hal dibawah ini dapat dicoba.

1. Gunakan krem atau salep anti stretchmark yang dijual di apotik dan klinik kecantikan. Hal ini tidak 100% efektif namun dapat kamu coba.

2. Pemijatan kulit atau skin ironing dikatakan dapat membantu untuk menghilangkan stretchmark tapi tidak bersifat permanen

3. Olahraga teratur akan memperkuat otot-otot di bawah kulit sehingga dinding perut tidak kendur lagi. Ini akan menyamarkan stretchmark yang berwarna putih

4. Bila dinding perut anda kencang, namun stretcmark yang timbul berwarna kehitaman, maka silahkan coba menggunakan berbagai krim untuk memudarkan luka yang banyak di pasaran. Pastikan anda sudah tidak menyusui untuk menggunakan krem-rem pemutih seperti ini.

Cara terbaik mengatasi stretchmark adalah dengan mencegah terbentuknya stretchmark, yaitu dengan:

1. Mengendalikan kenaikan berat badan selama hamil

2. Olahraga teratur agar dinding perut selalu kencang

3. Menggunakan pelembab pada perut selama hamil dan setelah persalinan, bukan saja saat perut mulai membesar, melainkan sejak mengetahui sedang hamil.

Semoga bermanfaat....

dr. Ivander Utama, SpOG

RSIA Bunda Jakarta @Menteng, Center Jakarta
RSB Citra Ananda @Ciputat, South Jakarta
ALMEIRA Clinic @Kemang, South Jakarta

www.youtube.com/user/drivanderutama
www.kompasiana.com/ivanderutama
www.kesekolah.com
@ivanderutama