Program Hamil untuk Pasutri

13 April 2015 Konsultasi   |    dr. Ivander Utama, F.MAS, SpOG.


Siang dok,

Saya sudah menikah sekitar 4th tp belum dikaruniai keturunan, sudah dibeberapa tempat ikut promil tapi belum juga ada hasil.

Sebelumnya saya mau ceritakan sedikit, untuk masalah menstruasi ditiap bulan rutin terjadi di tanggal yang sama atau terlambat 1-4 hri, apa itu dikatakan tidak subur? Dan apakah untuk program hamil mengkonsumsi terus menerus profertil itu tidak ada efek sampingnya? Dan beberapa bulan lalu saya pernah menjalankan tiuprahim. Mohon bimbingan nya.

Jawaban

Dear H,

Memang untuk promil seringkali dibutuhkan kesabaran dan ketekunan. Kebanyakan pasutri yang sedang promil berhenti di tengah jalan karena berbagai faktor mulai dari biaya hingga masalah bosan ke dokter.

Promil sendiri ada banyak macam dan jalannya, yang pasti dan terpenting adalah memeriksa kualitas sperma. Untuk pengobatan lainnya tentunya disesuaikan dengan kondisi yang ditemukan pada pemeriksaan.

Pemberian obat-obat pemicu ovulasi harus dengan pemantauan khusus. Dalam satu siklus promil, maka mungkin pasutri harus datang kontrol 4-5x dalam 1 bulan.

Saran saya adalah lakukan promil di dokter kandungan dengan tetap bersemangat!

Salam hangat...

dr. Ivander Utama, SpOG

RSIA Bunda Jakarta @Menteng, Center Jakarta
RSB Citra Ananda @Ciputat, South Jakarta
ALMEIRA Clinic @Kemang, South Jakarta

www.youtube.com/user/drivanderutama
www.kompasiana.com/ivanderutama
@ivanderutama