Ingin Cepat Langsing Habis Melahirkan

22 Mei 2014 Konsultasi   |    dr. Ivander Utama, F.MAS, SpOG.


Halo dr.Ivander

Saya seorang wanita karier, umur 31 tahun. Baru melahirkan sesar 2 minggu yang lalu. Penampilan fisik sangat penting dalam pekerjaan saya sebagai PR. Maka dari itu saya berusaha untuk segera menurunkan berat badan saya kembali. Tinggi badan saya 158 cm, berat badan sebelum hamil 46 Kg. Saat hamil berat saya naik 18 Kg. Apakah ada tips tertentu supaya berat badan saya cepat kembali normal dok? Terima kasih atas jawabannya.

Ny.RP

Jakarta

Jawab:

Dear Ny.RP

Selamat atas kelahiran anak Anda. Penurunan berat badan pasca melahirkan pasti akan terjadi. Pasca melahirkan, segera anda akan kehilangan 6 Kg. Sisanya adalah penumpukkan cairan di jaringan tubuh seperti jaringan lemak, yang akan terbuang dalam minggu-minggu pertama kehamilan. Bila tidak ada komplikasi dan kelebihan makanan saat sedang hamil, maka diharapkan dalam 6 bulan Anda akan kembali ke berat badan sebelum hamil. Ada kegiatan-kegiatan tertentu yang dapat membantu turunnya berat badan dengan lebih cepat.
  1. Breastfeeding: dengan memberikan payudara anda pada bayi secara eksklusif, maka tubuh anda menggunakan 300 kalori lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan menyusui. Artinya anda membakar kalori lebih banyak.
  2. Berdiri dan berjalan - jalan saat menggendong bayi, akan membakar kalori tanpa anda sadari. Selain mempercepat penurunan berat badan, akan timbul bonding juga dengan bayi Anda
  3. Mengganti dan mencuci popok sendiri. Dengan mengganti dan mencuci popok, maka Anda akan dipaksa untuk tetap beraktifitas dan membakar lebih banyak kalori.
  4. Mengurangi konsumsi garam, kecap dan makanan instan. Intinya adalah mengurangi konsumsi sodium. Sodium diperlukan oleh tubuh, namun dalam jumbal berlebih akan membuat tubuh Anda menyimpan lebih banyak cairan sehingga berat Anda susah turun.
  5. Banyak minum air putih. Air putih sangat diperlukan oleh tubuh, terutama saat menyusui. Dengan banyak minum air putih, maka Anda dapat menyusui lebih banyak dan membakar kalori lebih banyak.
  6. Konsumsi sayur dan buah-buahan sebagai sumber nutrisi utama. Protein nabati, dan serat akan membantu tubuh Anda kenyang lebih lama, memperlancar buang air besar dan menurunkan berat badan Anda.
  7. Istirahat tidur siang. Bila kekurangan tidur, maka tubuh akan melepaskan hormon kortisol dan stress hormon lain yang dapat menimbulkan kegemukkan.

Ingatlah, bahwa tubuh Anda perlu waktu untuk kembali ke berat badan sebelum hamil. Adanya peningkatan berat badan 1-2kg setelah melahirkan masih dalam batas normal. Yang terpenting adalah berikan waktu bagi tubuh Anda untuk bekerja dan mengembalikan keseimbangannya.

Semoga bermafaat....