Hamil dan Takut

22 Mei 2014 Konsultasi   |    dr. Ivander Utama, F.MAS, SpOG.


Dear dr.Ivander

Saya seorang wanita karier umur 31 tahun yang menjelma menjadi ibu rumah tangga karena dorongan mertua. Saya disuruh berhenti kerja saat mengetahui bahwa saya sudah hamil. Selama ini saya dijaga benar-benar oleh mertua saya, baik dari segi makanan sampai tradisi, adat istiadat dan petuah orang tua-tua sudah saya jalani. Jujur saja, karena banyak sekali "syarat"-nya supaya kehamilan saya bisa "selamat", maka saat ini saya takut sendiri dalam menghadapi kehamilan dan persalinan saya kelak. Saya takut bayi saya cacat, takut bersalin, dan takut akan banyak hal lainnya. Saat ini saya baru hamil 6 bulan. Kira-kira apa yang harus saya lakukan dok? Terima kasih buat sarannya.

Ny .I

Semarang

Jawab:

Saya paham dengan kesulitan Anda. Ada banyak mitos di seputar kehamilan, dan seringkali berhubungan dengan unsur mistis. Mitos timbul karena banyak hal yang tidak dipahami mengenai kehamilan dan persalinan. Ketakutan yang Anda alami terjadi karena beberapa faktor. Yaitu: Anda terlalu banyak mendengar mitos dan tahayul seputar kehamilan sehingga Anda tidak lagi bisa membedakan mana yang merupakan fakta dan mana yang bukan. Faktor lainnya adalah Anda (seperti layaknya sebagian besar masyarakat), tidak memahami proses kehamilan dan persalinan itu sendiri. Anda tidak memahami proses dan perubahan apa saja yang tubuh Anda alami mulai dari pembuahan, kehamilan, hingga persalinan.

Cara terbaik menghilangkan ketakutan adalah dengan memahami fakta tentang kehamilan dan persalinan itu sendiri. Kehamilan dan persalinan adalah proses normal yang dialami oleh setiap wanita, sehingga tidak ada hal yang harus ditakuti. Ambil buku catatan kecil dan alat tulis, bawalah buku tersebut kemana saja Anda pergi. Saat Anda teringat atau khawatir dengan hal tertentu, catatlah di buku tersebut dan konsultasikanlah dengan dokter Anda. Lebih baik lagi bila Anda ikut Maternity Class. Disana Anda akan mendapatkan banyak informasi yang berharga seputar kehamilan dan persalinan, termasuk cara-cara dan tips menghadapi persalinan.

Semoga bermanfaat....