Yuk Kenali Profesi Nelayan!

18 September 2015 Lagu Anak   |    Kak Zepe


Nelayan adalah sebuah profesi yang sangat hebat menurut saya. Selain karena para nelayan adalah pekerja keras, mereka juga sangat rajin. Para nelayan dituntut untuk bekerja tak kenal lelah dan tak kenal waktu. Mereka sering harus bangun di pagi-pagi buta bahkan kadang pulang hingga larut malam.

Itulah kenapa lagu "Nelayan" adalah lagu yang menjadi favorit saya. Saya ingin semangat yang dimiliki nelayan tertanam di dalam diri anak-anak. Sehingga mereka menjadi lebih semangat, terutama saat belajar di sekolah.

Lagu ini juga terinspirasi dari sebuah lagu anak dari barat yang berjudul,"Row Your Boat". Saat saya mengajar bahasa Inggris, saya sering sekali menggunakan lagu ini sebagai lagu pembukaan. Karena lagu "Row Your Boat" menggunakan sebuah gerakan yang khas. Anak-anak diajak menirukan gaya orang mendayung kapal. Setelah menyanyikan lagu ini dengan gerakannya, biasanya anak-anak menjadi lebih bersemangat. Lagu nelayan, juga menggunakan gerakan atau gaya orang mendayung. Hanya saja gayanya lebih bervariasi.

Saya berharap, dengan liriknya yang berbahasa Indonesia, paduan semangat yang terdapat di dalam liriknya dan gerakan-gerakannya, akan menjadi suatu nilai dan manfaat tersendiri bagi anak-anak. Semoga dengan mendengar ataupun menyanyikannya, apalagi dengan gerakannya yang penuh semangat, lagu ini juga bisa berguna untuk membangkitkan semangat belajar anak sertia memberikan pengertian kepada anak-anak akan pentingnya bekerja keras dan rajin belajar. Mari kita simak potongan lagu nelayan di bawah ini.

Lirik Lagu:

Yung dayung dayung
Dayung kapal ke laut
Bar tebar tebar
Tebar jala yang kuat
Rik tarik tarik
Lalu tarik ke kapal
Dan ikan ku dapat

Akulah Nelayan
Si penangkap ikan
dengan pancing jaring
dan jala yang besar

Akulah nelayan
si penangkap ikan
siang malam aku
kan terus bekerja