Udara

19 April 2013 Lagu Anak


Udara merujuk kepada campuran gas yang terdapat pada permukaan bumi. Udara bumi yang kering mengandungi 78% nitrogen, 21% oksigen, dan 1% uap air, karbon dioksida, dan gas-gas lain. Kandungan elemen senyawa gas dan partikel dalam udara akan berubah-ubah dengan ketinggian dari permukaan tanah. Demikian juga massanya, akan berkurang seiring dengan ketinggian. Semakin dekat dengan lapisan troposfer, maka udara semakin tipis, sehingga melewati batas gravitasi bumi, maka udara akan hampa sama sekali.

Apabila makhluk hidup bernapas, kandungan oksigen berkurang, sementara kandungan karbon dioksida bertambah. Ketika tumbuhan menjalani sistem fotosintesa, oksigen kembali dibebaskan.

Udara tidak kelihatan, sehingga sulit bagi anak untuk mengenalnya. Melalui berbagai kegiatan sederhana, guru dapat mengenalkan udara untuk membantu anak menyadari bahwa udara itu ada, meskipun tidak kelihatan. Berbagai kegiatan seperti balon roket, roket dari soda kue, dan laying-layang merupakan kegiatan menarik bagi anak yang terkait dengan udara.

Udara adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh semua orang, bahkan semua mahluk hidup di bumi. Lagu ini mengajarkan kepada anak-anak agar mereka kelak bisa menjaga kesegaran udara. Setelah mengajarkan lagu ini kita bisa menambahkan pengajaran kepada anak-anak untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan dan merawat tanaman. Karena tindakan tersebut bisa menunjang kesegaran udara.

Udara

Meski engkau tak terlihat
Namun engkau bermanfaat
Memberi kehidupan
Bagi semua insan
Terima kasih udara
Atas kebaikanmu
Akan slalu ku jaga kesegaranmu
Tags