Seindah Bintang di Langit

12 Juli 2013 Lagu Anak


Kemampuan bersosialisasi sangat penting bagi anak pada saat mereka menginjak bangku sekolah. Biasanya anak yang memiliki kemampuan sosial yang baik, akan lebih mudah mengikuti pelajaran di sekolah. Sehingga kesiapan anak saat hendak masuk ke dalam bangku sekolah, tidak hanya bisa dinilai dari kemampuan mereka di bidang akademik saja, misalnya membaca, menulis, berhitung, dan lainnya.

Orang tua harus bisa membimbing anaknya agar mereka bisa memiliki banyak teman. Hal ini sangat penting agar anak-anak bisa berkembang secara pribadi. Ada kalanya orangtua memasukkan anaknya yang belum berusia satu tahun di taman bermain. Ini semata agar anaknya dapat bersosialisasi dengan anak-anak seusianya meskipun, misalnya, belum bisa bicara.

Meski belum dapat berbicara, anak-anak tetap bisa berteman. Anak-anak tetap makhluk sosial dan menikmati saat mereka berada di dekat anak-anak lain. Beberapa permasalahan yang mungkin timbul pada saat anak bersosialisasi dengan tema sebayanya adalah sulit berbagi, mau menang sendiri, tidak bisa bersabar, kurang mau mendengarkan, dan lainnya. Dan biasanya sifat-sifat anak-anak seperti itu bisa menumbulkan konflik. Jangan khawatir, konflik tersebut nantinya akan membuat anak belajar berbagi dan bekerja sama, dan ketrampilan bersosialisasi yang lain.

Orang tua juga tidak boleh terlalu banyak memberi batasan-batasan pada anak. Misalnya hanya boleh berteman dengan yang satu suku, agama, dan ras saja. Dengan memberikan batasan-batasan seperti itu, secara sadar atau tidak orang tua telah mengajarkan sikap tertutup dan bahkan ketidaksukaan pada orang lain. Nah... Bagaimana agar seorang anak bisa lebih terbuka dan mau berteman pada siapa saja?

Kak Zepe mempunyai sebuah lagu baru yang akan mengajarkan kepada anak-anak tentang indahnya perbedaan. Dengan mengajarkan lagu ini anda akan mengajarkan anak-anak akan indahnya perbedaan, dan memberikan pengertian bahwa perbedaan adalah kekayaan. Lagu anak karya Kak Zepe ini berjudul,"Seindah Bintang di Langit". Lirik lagu ini adalah sebagai berikut:

Seindah Bintang di Langit

Hatiku senang, tidur pun tenang
Bila tak punya musuh walau seorang
Mamaku senang, papaku senang
Kar'na ku punya banyak teman
Sebanyak bintang di langit, itulah teman-temanku
Seindah warna pelangi, itulah teman-temanku