Pak Kasur, Legenda Lagu Anak Indonesia

3 Desember 2014 Lagu Anak


Lagu anak telah menjadi teman bermain dan belajar untuk anak - anak. Lirik dan nadanya yang sederhana menjadi lebih mudah diserap dan diingat oleh anak - anak. Lagu - lagu anak tersebut ternyata ditopang oleh beberapa tokoh pencipta lagu anak yang samapai kini tetap dikenang. Salah satunya tokoh penciptanya yaitu Pak Kasur? Siapa itu Pak Kasur?

Pak Kasur merupakan seorang tokoh pendidikan Indonesia. Kasur bukanlah nama yang sebenarnya, melainkan Soerjono. Namun bapak kelahiran 26 Juli 1912 ini lebih akrab dipanggil Kak Soer, dan semakin lama namanya pun berubah menjadi Kasur.

Sebelum menjadi pencipta lagu, Pak Kasur menjadi guru di HIS Ardjoena School, Yogyakarta. Setelah Indonesia merdeka, ia menjadi pemandu acara "Taman Indria" di TVRI, dan mulai menciptakan lagu anak - anak.

Tidak hanya menciptakan lagu, Pak Kasur juga membangun sebuah TK Mini, yang kini cabangnya sudah dimana - mana. TK Mini dibangun olehnya bersama istrinya, Ibu Sadinah yang akrab dipanggil Bu Kasur. Pak Kasur juga suka mendongeng dan melawak, sehingga disenangi banyak anak - anak. Namun, pada tanggal 26 Juni 1992, ia meninggal dunia, pada umur 78 tahun.

Berikut ini beberapa lagu ciptaan Pak Kasur:

1. Balonku

2. Potong Bebek Angsa

3. Bangun Tidur

4. Naik Delman

5. Satu - satu

6. Kebunku

Semoga lagu ciptaannya dan para tokoh lagu anak lainnya tetap abadi sepanjang masa.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)