Api

3 April 2013 Lagu Anak


Penemuan cara membuat api merupakan salah satu hal yang paling berguna bagi manusia, karena dengan api, golongan hominids (manusia dan kerabatnya seperti kera) dapat aman dari hewan buas, memasak makanan, dan mendapat sumber cahaya serta menjaga dirinya agar tetap hangat. Bahkan masih banyak masyarakat zaman sekarang tapi terisolir, menganggap api adalah sumber kehidupan segala mahluk hidup.

Di jaman sekarang, api digunakan untuk berbagai macam keperluan, misalnya memasak, membuat peralatan berbahan logam, menghangatkan badan, dan masih banyak lagi. Salah satu cara mengenalkan api kepada anak-anak usia dini adalah dengan lagu anak berjudul "Api". Kegiatan yang menggunakan api harus dibawah pengamatan guru secara langsung agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Anak suka mengamati sesuatu yang terbakar dan perubahan benda akibat terbakar. Anak akan menyadari ada benda yang mudah terbakar dan adapula yang sulit terbakar.


Kegiatan lain yang bisa menjadi alternatif adalah mengunjungi kantor pemadam kebakaran. Dalam kegiatan ini kita bisa menjelaskan tentang pekerjaan para pemadam kebakaran, cara mematikan api, dan hal-hal yang berhubungan dengan api.


Kemudian, mari kita dengarkan lagu berjudul "Api" karya Kak Zepe.

API
A a a api api
Jangan disentuh
Nanti tanganmu bisa melepuh
A a a a api api
Banyak gunanya
Ayo sebutkan kau pasti bisa
Bakar sate. Pakai api
Rebus air...Pakai Api
Goreng tempe ...pakai api
Pakai api haruslah berhati-hati