Anak Mandiri

12 Januari 2017 Lagu Anak


Anak yang mandiri bisa diartikan sebagai anak yang tidak bergantung pada orang lain atau bisa melakukan segala sesuatu sendiri. Sebagai orang tua, tentu kita tidak menginginkan anak kita tumbuh menjadi anak yang manja. Karena sifat manja bisa melekat pada diri anak hingga anak tumbuh dewasa. Kemnandirian adalah suatu "life skill" yang harus ditanamkan pada anak sejak dini. Tentu saja dengan porsi yang berbeda dengan orang dewasa.

Kita harus memberikan kesempatan pada anak seluas-luasnya untuk mengembangkan diri dengan mengerjakan banyak hal kecil-kecil yang sangat-sangat berguna bagi perkembangan karakternya. Ketika seorang anak mengembalikan piring makannya di tempatnya, mengangkat tasnya sendiri, mengembalikan sepatunya pada saat dia telah selesai pakai, atau melakukan kegiatan kecil-kecil maka si anak akan merasakan sebuah harga diri yang positif. Dia akan merasa bahwa dirinya sejajar dengan orang dewasa yang melakukan hal-hal tersebut. Ini akan membuat percaya dirinya melambung tinggi. Oleh karena itu berikanlah kesempatan ini pada anak-anak anda. Anda tidak akan pernah kecewa melihat mereka bertumbuh dan berkembang dengan semangat kemandirian ketika mereka mulai menginjak masa-masa remaja.

Jadi pastikanlah Anda memberikan suatu kesempatan pada anak Anda untuk melakukan apa-apa yang dia telah mampu lakukan. Itulah kunci untuk membantu seorang anak memiliki karakter mandiri, percaya diri dan mampu mengerjakan segala sesuatu dengan tanggung jawab penuh.

Lagu anak karya Kak Zepe yang berjudul "Anak Mandiri" ini termasuk lagu anak yang bertemakan penddikan karakter anak dan bisa mejadi salah satu cara memberikan pengertian pada anak pentingnya menjadi anak yang mandiri. Mari kita dengarkan dan ajarkan lagu di bawah ini pada sang buah hati.

Video Url:

http://lagu2anak.blogspot.com/2011/01/anak-mandiri-lagu-anak-karya-kak-zepe.html