Ajari Anak Membaca Cepat dan Aman dengan Lagu "Aku Bisa Baca"!

14 Agustus 2015 Lagu Anak   |    Kak Zepe


Banyak kalangan berpendapat bahwa pelajaranmembaca tidaklah pantas untuk diajarkan kepada anak di usia dini. Pelajaran membaca hanya layak diberikan kepada anak-anak tingkat Sekolah Dasar, bukan Pendidikan Anak Usia Dini dan Taman Kanak-kanak. Karena dunia anak-anak adalah dunia bermain, bukan melulu berfokus pada memasukkan ilmu ke dalam memori otak anak.

Karena dengan materi pelajaran yang terlalu berat, anak-anak bisa menjadi mudah stress dan kehilangan kesempatan untuk mengembangkan kecerdasan dan ketrampilan mereka yang lain. Salah satu dilemma yang sedang dihadapi pendidik PAUD dan TK adalah masih banyaknya Sekolah Dasar yang menjadikan kemampuan membaca sebagai salah satu syarat diterima atau tidaknya para siswa baru.

Sebagai pencipta lagu anak-anak, saya tergerak untuk membuat sesuatu yang saya harap berguna bagi anak-anak Indonesia, khususnya dalam menghadapi masalah boleh atau tidaknya anak usia dini mendapatkan materi pelajaran membaca. Lalu tercetus sebuah ide dalam benak saya untuk menciptakan sebuah lagu yang berguna bagi anak-anak usia dini, khususnya yang berhubungan dengan materi pelajaran membaca. Dengan diciptakannya lagu ini, bukan berarti saya setuju atau mengijinkan anak-anak usia dini diberikan materi pelajaran membaca. Berikut video lagunya:

Di dalam lagu saya ini, saya hanya ingin menyumbangkan salah satu ide cara membaca yang aman. Karena dengan lagu ini, anak-anak tidak hanya belajar membaca, namun juga merasakan keceriaan saat bernyanyi. Atau sebaliknya, anak-anak bukan hanya akan merasa senang dengan bernyanyi, namun mereka juga akan mendapatkan sebuah pelajaran "cara membaca".

Saya yakin, metode membaca sambil bernyanyi adalah salah satu metode belajar membaca anak yang aman, dan bisa digunakan oleh para pendidik anak usia dini dan orang tua. Sebenarnya masih banyak metode-metode mengajarkan anak membaca yang lain. Namun memang sangat diperlukan kreatifitas. Misalnya dengan media dongeng, menggambar, menari, dan lain-lain.