Setelah Beli Supercell, Sekarang Tencent Ingin Beli Developer Game Angry Birds

28 Juni 2017 Games


Pasca sukses melakukan akuisisi saham supercell (Clash of Clans, Clash Royale) pada pertengahan tahun 2016 lalu, nampaknya Tencent semakin bersemangat untuk terus melakukan akuisisi developer game besar lainnya. Salah satu yang dilirik oleh Tencent saat ini adalah Rovio Entertainment, developer game Angry Birds.


Berdasarkan beberapa sumber, Tencent ingin bembeli sahat Rovio seharga USD 3 miliar. Namun nampaknya akuisisi tidak semudah yang dibayangkan oleh Tencent, sebab Rovio belum berencana untuk menjual sahamnya ke pihak lain dalam jumlah yang besar. Rovio masih ingin berdiri sendiri untuk membesarkan brand Angry Birds-nya.

Alasan Tencent dapat mengakuisisi supercell sendiri bukan atas pembelian langsung antara Tencent dengan supercell, namun melalui perantara SoftBank Group Corp yang merupakan pemegang saham terbesar supercell kala itu. Jumlah hutang yang besar diduga membuat SoftBank mau menjual saham supercell kepada Tencent.

Seri Angry Birds yang telah diluncurkan oleh Rovio terbilang sangat banyak, mulai dari Angry Birds Action, Angry Birds Epic, Angry Birds Blast, Angry Birds Star Wars, Angry Birds Pop, ANgry Birds Transformers, Angry Birds Go!, Angry Birds Evolution, Angry Birds Rio dan lainnya. Selain Angry Birds, mobile game yang dirilis Rovio adalah Battle Bay, Bad Piggies dan Fruit Nibblers.
Tags