Pac-MAN - The Iconic Dot-Muncher

16 Juli 2012 Games


Jangan menyebut dirimu gamer kalau nggak kenal nama Pac-Man. Makhluk bulat berwarna kuning yang hobinya melalap ‘permen’ energi ini merupakan salah satu ikon terkenal di dunia game, nggak kalah dengan Mario, Link dan Sonic. Yang ingin lebih mengenal Pac-Man, yuk lihat bagaimana perkembangannya.

- Tanggal 22 May 1980, Namco pertama kali memperkenalkan Pac-Man di deretan game arcade. Midway kemudian menangani perizinannya di US.

- Inti permainan game Pac-Man tergolong mudah. Gamer harus mengendalikan Pac-Man untuk memakan semua dots di maze yang ada, sambil menghindari keempat hantu yang mengejarnya.

- Jika Pac-Man selalu dikejar oleh keempat hantu ini, setelah memakan power dot maka Pac-Man akan berbalik mengejar mereka, walaupun hanya untuk waktu yang terbatas.


- Pac-Man kemudian menjadi salah satu ikon popular culture sejak tahun 1980. Berbagai jenis merchandise yang memperlihatkan dirinya mulai dijual dan beberapa di antaranya menjadi collector’s item.

- Pac-Man dianggap sukses menggeser popularitas Space Invader dan Asteroids, dua arcade game yang saat itu sedang menjadi trend.


- Jika kamu mendatangi Smithsonian Museum di Washington D.C, kamu bisa menemukan tiga mesin arcade yang dipamerkan dan salah satunya adalah Pac-Man. Dua sisanya adalah Pong dan Dragon’s Lair.

- Pac-Man ditangani oleh Toru Iwatani (game designer), Shigeo Funaki (programmer) dan Toshio Kai (sound and music). Sejak tahun 2007, Toru Iwatani mengajar di Tokyo Polytechnic University. Dia mengajarkan bidang Character Design (desain karakter).

- Empat hantu yang mengejar Pac-Man bernama Blinky, Pinky, Inky and Clyde (Akabei, Pinky, Aosuke, Guzuta - untuk versi Jepang). Tiap hantu ini juga mempunyai gaya bergerak yang berbeda-beda.

- Level tertinggi dalam Pac-Man adalah level 255. Hal ini karena adanya error bug yang menyebabkan gamer tidak bisa melewati level 255. Level tersebut disebut sebagai split screen atau kill screen.

- Tampilan kill screen memperlihatkan hanya setengah layar, di mana setengah layar lagi hanya menampilkan simbol acak dan bukan maze yang biasa dilewati Pac-Man. Hal ini menyebabkan gamer tidak bisa melewati sisi kanan layar yang dipenuhi dengan simbol acak tersebut.

- Orang pertama yang sukses mencapai nilai sempurna (3.333.360 poin), dengan memakan semua dot yang ada dan tidak kehilangan satu nyawa pun adalah Billy Mitchell dari Hollywood, Florida pada tanggal 3 Juli 1999. Dia sukses melakukan hal ini setelah memainkan Pac-Man selama 6 jam.

- Rekor berikutnya dipegang oleh David Race dari Beavercreek, Ohio. Pada bulan September 2009, dia merupakan orang keenam yang sukses mendapatkan nilai sempurna dari Pac-Man, tapi dia merupakan orang tercepat yang mampu mencapai skor sempurna tersebut. David menamatkan Pac-Man dalam waktu 3 jam, 41 menit dan 22 detik.

- Nama Pac-Man diambil dari suara saat membuka dan menutup mulut. Di dalam bahasa Jepang, suara tersebut digambarkan berbunyi paku-paku. Karena itulah namanya Pac-Man atau Pakkuman, dalam bahasa Jepang.

- Shigeru Miyamoto, pencipta Mario Bros., bilang kalau Pac-Manitu karakter video game favoritnya.

- Di tahun 1982, Hanna-Barbera mengeluarkan serial TV animasi yang ceritanya berfokus ke Pac-Man dan keluarganya. Di film ini dikabarkan Pac-Man sudah berkeluarga, ia menikah dengan Pepper dan memiliki anak, Pac-Baby. Serial TV ini berlangsung sejak tahun 1982 - 1983.

- Tahun 1981, Ms.Pac-Man rilis dan dikatakan merupakan sekuel dari Pac-Man, walau dikembangkan oleh Midway. Di judul ini, nama salah satu musuh, Clyde, berubah menjadi Sue.

- Pac-Man Defense merupakan salah satu strategi di dunia ekonomi, di mana perusahaan kecil berusaha berbalik mengalahkan perusahaan besar.

- Di dunia konsol, Pac-Man pertama kali muncul di Atari 2600 di tahun 1982. Judul terbaru untuk serial Pac-Man adalah Pac-Man & Galaga Dimensions untuk Nintendo 3DS yang rilis Juli 2011 lalu.

- Buckner & Garcia menciptakan lagu berjudul Pac-Man Fever di bulan Desember 1981. Lagu ini menduduki peringkat ke #98 di daftar 100 Greatest One Hit Wonders of the 80s oleh VH1 (Video Hits One). Album mereka terjual lebih dari satu juta kopi.