Ngerinya Beban yang Ditanggung Server Pokemon Go, Ini Dia Penyebabnya

4 Oktober 2016 Games


Dirilisnya Pokemon GO pada pertengahan tahun ini juga diikuti dengan berbagai kekacauan. Tidak stabilnya server dan beberapa pemain yang tidak bisa login ke game AR tersebut membuat beberapa pemain kecewa.


Kemarin Niantic sempat memposting penyebab crash -nya server Pokemon GO, yang salah satunya akibat jumlah lalu lintas data yang terlalu besar. Meledaknya game berburu Pokemon ini membuat server Niantic tak sanggup menanggung beban yang terlampau besar yang akhirnya membuat crash pada sistem server Niantic. Apalagi dengan dirilisnya Pokemon GO di Australia dan New Zealand jumlah lalu lintas data sudah mencapai masa kritis hanya dalam waktu 15 menit. Belum lagi dari akun iTunes dan akun dari pemain yang menginstall Pokemon GO dari file apk.

Berdasarkan data yang dimiliki Google Cloud, tampak bahwa Niantic sudah menyiapkan server agar mampu mengatasi beban lalu lintas data sebesar lima kali. Namun yang terjadi, Niantic mendapat beban 50 kali lebih besar dari yang seharusnya dalam waktu singkat. Maka tak heran, pada peluncuran perdananya Pokemon GO dirundung banyak masalah.