Menyusul PS Vita, Sepertinya Era Nintendo 3ds Juga Akan Segera Berakhir

3 Mei 2019 Games


Terlepas dari seberapa eksis dan dominannya sebuah produk konsol di pasaran, pasti selalu ada saat dimana eranya akan berakhir dan digantikan dengan suksesor yang lebih sempurna. PlayStation Vita adalah contoh yang lebih memprihatinkan karena selain tidak lagi mendapat dukungan dari pihak Sony, konsol tersebut sepertinya juga tidak akan mendapatkan suksesor baru dalam waktu dekat. Nintendo 3DS yang merupakan rivalnya sendiri masih cukup eksis khususnya di pasar Jepang, namun era dari konsol ini sepertinya juga tidak akan bertahan lama.


Hal ini terlihat jelas melalui briefing tahunan baru dari Nintendo, dimana mereka tidak membahas soal rencana untuk mendukung 3DS lebih lanjut atau mengumumkan game first-party terbaru untuknya. Sangat berbeda tentunya dengan briefing tahun lalu yang diisi dengan diskusi mengenai dilanjutkannya bisnis 3DS serta pengumuman game baru seperti Luigi's Mansion dan WarioWare Gold.


Berbicara dengan Kotaku, pihak Nintendo secara jelas mengonfirmasi kalau mereka tidak memiliki proyek baru apapun untuk 3DS. Walaupun mereka juga mengatakan kalau developer third-party akan memberikan dukungan untuk konsol ini, sudah bisa dilihat jelas kalau Nintendo sudah mulai mengalihkan fokusnya pada Nintendo Switch dan konsol baru yang digadang-gadang adalah versi lebih murah dan protable dari "Switch."

Apakah dengan ini era Nintendo 3DS juga akan segera berakhir dalam waktu dekat? Kemungkinannya memang besar, tapi setidaknya para gamer masih bisa menikmati konsol ini dengan beragam game baru yang sudah ada dan akan dirilis kedepannya.