Memory Ddr5 Akan Memiliki Performa 2x Lipat dari Ddr4, Dijadwalkan Rilis Tahun 2019 Mendatang

2 Oktober 2017 Games


Pasar Hardware PC sekarang memang sedang mengalami perkembangan yang cukup pesat, dengan hadirnya beberapa hardware dengan teknologi dan performa yang lebih superior dan hemat daya. Memory atau RAM juga salah satunya, yang sekarang sudah memasuki teknologi DDR4 yang lebih cepat dan efisien.


Walaupun memory DDR4 sekarang masih kurang banyak dipakai karena masalah harga dan kecocokannya dengan berbagai konfigurasi PC. Rambus,yang merupakan sebuah perusahaan yang menangani berbagai macam teknologi untuk memory sepertinya akan menghadirkan kejutan baru yang tak terduga. Yaitu dengan menciptakan dan mengembangkan sebuah prototype baru untuk memory DDR5.


Teknologi terbaru ini direncanakan untuk memiliki data rates sampai angka 6.4 gigabits, sementara DDR4 sendiri hanya sampai 3.2 gigabits. Dengan ini maka bandwith dari memory ini akan naik hingga dua kali lipat sampai menyentuh angka 51.2 gigabytes per detik.

Memory DDR5 ini nantinya juga akan memiliki base frequency paling rendah diangka 4800mhz (DDR5-4800). Sementara base frequency tertinggi dari memory DDR4 hanya berkisar dia angka 4600mhz. Rencananya, teknologi ini akan mulai diperkenalkan dan dipublikasikan dalam industry hardware PC pada tahun 2019 mendatang. Untuk sementara ini, masih belum bisa dipastikan apakah teknologi DDR5 ini akan memiliki pengaruh yang cukup signifikan untuk performa gaming atau tidak.