Konsol Terbaru Nintendo NX Akan Menggunakan Sistem Operasi Android!

3 Juni 2015 Games


Baru-baru ini koran harian Jepang, Nikkei telah mengabarkan bahwa perangkat konsol terbaru yang kini tengah dikembangkan oleh Nintendo yakni "NX" akan menggunakan sistem operasi Android layaknya pada smartphone umumnya saat ini.

Seluruh perangkat yang dikembangkan oleh Nintendo saat ini tengah terjadi masa transisi pemindahan sistem operasi. Pihak Nintendo sendiri sudah merubah peraturan perusahaan sehingga unsur eksternal seperti Google akan dapat turut ikut serta dalam pengembangan konsol terbarunya ini.


Selain itu, dengan penggunaan sistem operasi Android ini pihak Nintendo berharap dapat mengajak seluruh pengembang untuk membuat aplikasi atau game untuk perangkat konsol terbarunya dan tentunya aplikasi atau game yang telah dikembangkan tersebut juga dapat dirilis untuk perangkat tablet atau smartphone.

Tidak seperti konsol terakhir besutannya Wii U yang saat ini menjadi andalan Nintendo telah menjadikan anggaran pengembangannya semakin membengkak karena aplikasi atau game tersebut tidak dapat dimainkan pada perangkat konsol lainnya sehingga sulit untuk mencari keuntungan dari game yang dikembangkan eksklusif hanya untuk Wii U.

Akhirnya banyak para pengembang telah menjauh dari Nintendo dan bergabung dengan merek dagang konsol lain seperti Sony maupun Microsoft yang membuat game tersebut menjadi dapat dimainkan dikedua belah pihak. Sebagai contoh judul game Dragon Quest yang merupakan notabene game eksklusif Wii U kini juga akan tersedia untuk PlayStation 4.

Nah, semoga saja Nintendo dapat melihat peluang yang belum diambil oleh pihak kompetitornya dengan menanamkan sistem operasi Android pada perangkat konsol terbarunya ini sehingga dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.