Hajime Tabata Ungkap Butuh Waktu Setahun untuk Ubah Final Fantasy XV Versi PC!

12 Oktober 2016 Games


Final Fantasy XV merupakan game yang telah dirumorkan bahwa selain rilis dikonsol akhir tahun nanti juga akan hadir untuk versi PC, meskipun pihak Square Enix belum resmi mengumumkan hal tersebut. Banyak gamer memang telah berharap bahwa serial Final Fantasy XV juga akan bisa dimainkan pada perangkat PC, tidak hanya konsol. Nah, baru-baru ini sang director FF XV, Hajime Tabata telah mengatakan bahwa untuk mengubah game tersebut menjadi versi PC kurang lebih membutuhkan waktu setahun.

Melalui penyataan Tabata yang diberikannya melalui situs VidaExtra, bahwa tim developer akan membutuhkan waktu lebih dalam kurun satu tahun untuk membuat versi PC dari Final Fantasy XV. Berdasarkan pernyataan Tabata sebelumnya, dirinya sangat setuju mengenai ide pengembangan Final Fantasy XV versi PC, akan tetapi perilisan untuk PC tidak semata-mata hanya mem-porting-nya saja, melainkan membuatnya menjadi sesuatu yang berbeda dari versi konsol. Tabata mengatakan bahwa Final Fantasy XV versi PC harus lebih maksimal dalam segi teknis.


Tabata menambahkan apabila Final Fantasy XV dikembangkan untuk PC, maka pengembangan yang dilakukan juga harus maksimal, karena dirinya tidak ingin Final Fantasy XV versi PC tidak dapat berkorelasi dengan hardware PC yang bermacam-macam. Tidak seperti versi konsol yang memiliki keterbatasan, sehingga pengembangan untuk vesi konsol tidak perlu memakan waktu yang lama. Jika versi PC benar-benar terwujud, Tabata mengatakan hal tersebut merupakan sebuah kesempatan besar untuk menampilkan kualitas dan teknologi superior yang dimiliki tim pengembang dalam game Final Fantasy XV. Namun pengembangan versi PC ini tentunya tidak semudah merilis versi PC, dan akan memerlukan beberapa tahapan dan memakan waktu cukup lama.


Seperti yang diketahui, pada Final Fantasy XV telah menggunakan grafis 3D yang sangat keren dan pengembangan game ini juga menggunakan engine terbaru milik Square Enix. Tabata menyebutkan lebih dari 300 orang telah masuk dalam tim pengembangan grafis game Final Fantasy XV. Selain itu, dibantu oleh beberapa studio untuk mengerjakan elemen-elemen lainnya dalam game tersebut. Beberapa studio yang membantu diantaranya HexaDrive yang memfokuskan pada engine development, XPEC Entertainment yang membantu desain Final Fantasy XV, sedangkan Avalanche Studios membantu membuat mekanisme setiap pesawat yang terdapat dalam game.

Tentunya kabar ini sangat ditunggu-tunggu oleh gamer pengguna PC diseluruh dunia, meskipun harus menunggu, hal tersebut pasti akan segera terjadi. Mengingat pihak Square Enix memang selalu memm-porting game-game miliknya untuk PC, meskipun lebih mendahulukan versi konsol.