Alasan Kenapa Penjualan Playstation 4 Gagal di Jepang

11 Juli 2014 Games


Meskipun sukses menjual jutaan unit Playstation 4 di Inggris dan Amerika Serikat, Sony ternyata mengalami kesulitan ketika harus menjual console tersebut di Jepang. Berdasarkan laporan penjualan terbaru Sony, Playstation 4 hanya terjual sekitar 620.000 unit saja di Jepang. Angka ini tentunya berbanding terbalik dengan angka penjualan Sony di negara-negara barat.

Apa yang membuat Playstation 4 sampai tidak disukai di Jepang? Berdasarkan informasi yang kru KotGa peroleh terdapat dua alasan. Pertama, meningkatnya jumlah penggunaan game mobile di Jepang. Saat ini bisnis game mobile di Jepang sudah mencapai USD $5,4 juta. Dengan jumlah angka tersebut, console-console besar seperti Playstation 4 akan mengalami kesulitan ketika harus bersaing dengan mobile.


Alasan kedua adalah ketidakcocokan antara game yang diliris oleh Sony dengan selera oleh Jepang. Hal ini bisa dilihat dari top game chart bulan Juni kemarin dimana Playstation 4 hanya diwakili oleh satu nama saja yaitu Watch Dog. Peringkat lainnya justru diisi oleh game-game dari Playstation 3.

Apabila Sony mampu merilis game Playstaion 4 yang sesuai dengan selera orang Jepang, ada kemungkinan angka penjualan dari console tersebut akan meningkat. Sebelum menemukan game yang tepat, saat ini mau tidak mau Sony sepertinya harus tetap memfokuskan penjualannya di negara-negara barat.