14 Games Smartphone yang Digemari di Tahun 2012 - Bagian 2

7 Januari 2013 Games


Berikut ini adalah informasi lanjutan mengenai games smartphone yang paling di gemari di tahun 2012. Ada beberapa diantaranya merupakan game yang baru dirilis di tahun 2012 dan langsung digemari. Ada juga game lama tapi terus dikembangkan oleh penciptanya dan disesuaikan dengan spesifikasi smartphone sehingga semakin asyik untuk dimainkan. Apa sajakah games tersebut ? Yuks kita cari tahu:

8. Letterpress


Letterpress, demikian salah satu games baru, adalah sebuah permainan kata yang menggabungkan unsur strategi di dalamnya. Satu-satunya permainan kata yang pernah dimainkan adalah Scrabble, tetapi itupun belum menguasai cara perhitungan nilai. Letterpress memiliki unsur kesederhanaan dan teknik perancangan yang teliti.

9. Plague Inc.


Plague Inc, merupakan game real time strategy yang dikembangkan oleh Ndemic Creation LTD. Dan ini merupakan game pertama yang dikeluarkan oleh Ndemic Creation LTD. Ide dasar game Plague Inc sebenarnya sangat simple, musnahkan populasi manusia di bumi lewat Plague (bakteri, virus, senjata biologi).

Plague Inc. sendiri memiliki 3 tingkat kesulitan, Casual, Normal, dan Brutal. Jika kamu bisa memenangkan game dalam mode Casual, maka kamu tidak akan membuka jenis Plague yang terkunci. Tapi apabila kamu mampu memenangkan game dalam mode Normal dan Brutal, maka kamu akan dapat membuka jenis Plague yang terkunci, misalnya Virus, Bio Weapon, Fungus, Parasite, Prion, dan juga Nano Virus.


10. Super Hexagon

Bagaimana game yang begitu simple tetapi sulit dan adiktiflah yang membuat Super Hexagon booming dan banyak dibicarakan orang lain. Sejak dirilis 31 Agustus 2012 lalu, game ini sudah berhasil menyedot perhatian sejumlah gamer, terbukti sejak 3 hari dari tanggal rilis tersebut Super Hexagon sudah di download lebih dari 10 ribu kali dan terus bertambah. Kamu tidak akan mengira bahwa game ini hanya dikerjakan oleh 1 orang saja yaitu Terry Cavanagh seorang indie developer, walaupun untuk musik dan voice acting ia dibantu orang lain.

Ide dari game ini adalah kita akan berperan sebagai segitiga kecil yang berada di tengah layar dengan poros tengah layar berbentuk hexagonal (segi enam). Nantinya akan datang berbagai bentuk garis atau segi enam yang terbuka di salah satu sisinya mengerucut kedalam poros tengah tempat kita berada. Tugas kita adalah untuk mencari celah untuk tidak terkena garis atau objek yang akan datang kearah kita. Bila anda terkena sekali saja, maka game akan berakhir dan harus mengulangnya dari awal.


11. Rayman Jungle Run

Rayman, salah satu permainan yang cukup populer pada era Play Station pada tahun 1995, kemudian kesuksesannya membuat Ubisoft sebagai pengembang melanjutkan serinya dengan Rayman 2: The Great Escape pada tahun 1999, yang kemudian dilanjutkan pada Rayman 3: Hoodlum Havoc dan Rayman: Origins pada tahun 2003 dan 2011. Rayman sendiri merupakan permainan yang cukup populer, bahkan Rayman: Origins mampu menembus pasar Play Station 3, Play Station Vita, Xbox 360, Wii, dan 3DS.

Intinya, kita diwajibkan untuk mengumpulkan barang yang bernama lum. Lum akan tersedia sepanjang perjalanan dari awal hingga akhir di setiap tingkat kesulitan. Target kita adalah mengumpulkan sejumlah lum yang sesuai dengan permintaan dari permainan ini yang akan diakhiri dengan mendapatkan sebuah gigi permata merah yang berarti kita telah berhasil menyelesaikan permainan di tingkat kesulitan tersebut. Walaupun terkesan tidak memiliki story line yang jelas, tetapi tantangan yang disuguhkan tentunya membuat permainan ini tetap seru dan layak untuk dimainkan.


12. Walking Mars

Game yang dikembangkan oleh developer independen bernama Tiger Style Games ini bercerita mengenai seorang astronot yang tengah melakukan eksplorasi celah gua-gua yang berada di planet merah itu. Ia adalah seorang pionir program luar angkasa negara China. Secara garis besar, game ini bercerita mengenai isolasi yang dihadapi karakter di Mars. Berlatar tahun 2097 dimana telah diketemukannya kehidupan di Mars, kontak pertama yang dilakukan oleh sang astronot rupanya berbuah derita pahit. Kita harus memainkan karakter astronot tersebut agar dapat menguasai ekosistem alien di Mars untuk bertahan hidup. Namun, saat berada di penghujung waktu permainan, kita harus membuat keputusan yang menentukan takdir dari planet merah tersebut.


13. Walking Dead

Game ini berdasarkan cerita The Walking Dead, orang-orang yang hidup harus bersaing dengan zombie, game ini diadopsi dari seri buku komik dan serial televisi yang telah diakui secara luas. The Walking Dead memiliki lima bagian seri permainan seperti pada serial buku komik Robert Kirkman. Bermain sebagai Lee Everett, seorang kriminal dihukum, dan diberi kesempatan kedua untuk hidup di dunia yang hancur oleh mayat hidup. Dengan mayat kembali ke kehidupan dan korban berjuang menjaga keselamatan mereka sendiri, melindungi seorang gadis yatim piatu bernama Clementine mungkin penebusan dosa di dunia yang bagai neraka.


14. World Ends With You

Game ini muncul pada versi konsol Nintendo DS, dan menjadi salah satu game RPG favorit setelah peluncurannya. Sangat menarik melihat bagaimana reaksi penggemar The World Ends With You memainkan versi mobile dimana game ini akan didesain dijalankan pada single screen iPhone ataupun iPad. Sedikit berbeda dengan versi asli yang menggunakan dual screen sehingga game ini menjadi unik dan sulit untuk dilupakan.

The World Ends With You menceritakan petualangan Neku bersama teman-temannya di Shibuya Jepang. Neku sendiri adalah seorang yang anti sosial yang terlibat dalam "The Reaper’s Game", sebuah permainan dengan waktu hitung mundur yang mengancam nyawanya. Menyelesaikan The Reaper’s Game adalah satu-satunya jalan keluar. Dengan mempertaruhkan nyawanya, Neku pun berusaha untuk melawan semua monster yang disebut Noise dan Reaper untuk menyelesaikan permainan tersebut.

(Dikutip dari berbagai sumber)