Press Release Pra Event Lomba Cepat Tepat Ilmu Pangan Xxiv

25 Juli 2016 2016


Lomba Cepat Tepat Ilmu Pangan (LCTIP)adalah salah satu acara besar tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor (HIMITEPA IPB). LCTIP merupakan ajang lomba yang mempertemukan Siswa/i SMA Sederajat di seluruh Indonesia untuk mengasah kemampuan dan wawasan mereka dalam bidang Matematika, IPA, serta Ilmu Pangan. Lomba ini juga bertujuan untuk menambah pengetahuan dan minat Siswa/i SMA sederajat terkait permasalah pangan, terutama di Indonesia. Tahun ini, LCTIP telah memasuki tahun ke-24 dalam pelaksanaannya setelah sukses terlaksana selama 23 tahun.

LCTIP XXIV akan diadakan pada tanggal 8-9 Oktober 2016 di Kampus IPB Dramaga, Bogor. LCTIP tahun ini mengangkat tema besar yaitu "Embracing Herbs and Spices as Indigenous Functional Food". Tema ini dipilih dilatarbelakangi fakta bahwa Indonesia yang terkenal dengan kekayaan tanaman herbal dan rempah-rempah dan juga saat ini konsumen mulai menyadari akan pentingnya produk yang bersifat organik sehingga produk-produk pangan fungsional yang berasal dari bahan herbal dan rempah-rempah menjadi mulai diminati. Dalam acara ini juga akan dipaparkan potensi daya saing bahan herbal dan rempah-rempah dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Seperti tahun-tahun sebelumnya LCTIP XXIV akan memberikan serangkaian kegiatan menarik agar dapat diikuti oleh berbagai kalangan. Rangkaian kegiatan dari LCTIP XXIV antara lain yaitu Lomba Cepat Tepat Ilmu Pangan, Seminar Nasional, dan Food Expo.

Lomba Cepat Tepat Ilmu Pangan merupakan acara utama dari seluruh rangkaian LCTIP XXIV. Ajang kompetisi antar kelompok perwakilan SMA tingkat nasional yang terdiri dari tiga orang Siswa/i SMA untuk bersaing meraih hadiah utama berupa Golden Ticket untuk dapat diterima di Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB tanpa melalui jalur tes. Untuk bisa menjadi juara, peserta harus melalui berbagai tahap kompetisi berupa Regional Online Test Round, babak penyisihan tulis, babak perempat final, babak semi final dan babak final. Selain hadiah utama berupa Golden Ticket, para peserta juga dapat meraih banyak hadiah dan merchandise menarik lainnya melalui serangkaian mini games dan mini events yang diselenggarakan oleh LCTIP XXIV

National Food Technologist Seminarmerupakan acara puncak dari LCTIP XXIV yang dilaksanakan tanggal 9 Oktober 2016 di Gedung Andi Hakim Nasution, IPB Dramaga. Seminar nasional mengangkat tema "JAMU: Joyful and Multifunctional Beverage for You" yang akan membahas khasiat jamu sebagai produk olahan herbal dan rempah-rempah, proses dan teknologi yang berperan serta prospek daya saing jamu di era MEA. Acara ini menghadirkan pembicara-pembicara dari berbagai narasumber yang ahli dibidangnya. Tidak hanya itu, di seminar ini pula akan ditampilkan berbagai macam hiburan yang menarik, mini events, doorprize, dan diakhiri dengan babak final Lomba Cepat Tepat. Semua kalangan baik mahasiswa, siswa SMA maupun civitas akademika lainnya dapat mengikut seminar ini.

Food Expo merupakan salah satu rangkaian kegiatan LCTIP XXIV yang diselenggarakan mulai tanggal 6-9 Oktober 2016. Food Expo sendiri merupakan mini bazar dari Himitepa Corporation yang akan menampilkan berbagai macam produk pangan hasil inovasi Mahasiswa Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB.

Contact

Website: www.lctip.com

Twitter: @LctipIpb

Instagram: lctipipb

Line: @rmk5067o

Facebook: Lctip Ipb

Roka-085814338251