Press Release Mice Discovery 2

8 Juni 2016 2016


MICE DISCOVERY

Connecting The Element Of MICE Industry to Face the Challenge of AEC 2016

Indonesia dengan berbagai macam destinasi wisata yang dimiliki menjadi salah satu ciri khas tersendiri dalam perkembangan pariwisata. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan kunjungan wisatawan luar negeri yang datang mengunjungi Indonesia baik untuk berwisata maupun untuk keperluan bisnis seperti kegiatan MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition). Pariwisata dan MICE di Indonesia memiliki keterikatan yang sangat kuat dalam pertumbuhan ekonomi bangsa. MICE sendiri merupakan salah satu produk unggulan sektor pariwisata Indonesia yang sejak tahun 1980 menunjukan peningkatan jumlah peserta yang tinggi dengan jumlah pengeluaran rata-rata sebesar US$ 210 perhari. Dengan demikian, kegiatan MICE memberikan manfaat langsung pada ekonomi, baik masyarakat secara langsung maupun melalui dunia usaha menengah lainnya seperti akomodasi, usaha kuliner, cinderamata, jasa pemandu wisata hingga transportasi. Kini, MICE dihadapkan dengan tantangan baru di era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Masyarakat Ekonomi ASEAN, yang lebih populer dengan singkatan MEA, merupakan sebuah integrasi ekonomi dalam menghadapi perdagangan bebas antar negara-negara ASEAN. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan stabilitas perekonomian di kawasan ASEAN dan membentuk kawasan ekonomi antar negara ASEAN yang kuat. Pemerintah Indonesia telah menerbitkan


Instruksi Presiden (INPRES) Nomor 11 Tahun 2011 tentang komitmen Cetak Biru MEA dalam upaya persiapan menghadapi pasar bebas ASEAN. Dalam Cetak Biru MEA tersebut, terdapat 12 sektor prioritas yang akan diintegrasikan oleh pemerintah, salah satunya adalah pariwisata yang termasuk industri MICE. Industri MICE perlu mempersiapkan diri dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, dalam hal ini industri MICE memiliki persaingan yang sangat ketat terutama dengan Singapura, Thailand, maupun Malaysia. Walau demikian, Indonesia memiliki berbagai kelebihan terutama dalam hal keindahan alam dan ragam budaya. Indonesia perlu langkah progresif dalam hal integrasi pelayanan agar produk MICE Indonesia dapat lebih kompetitif.

Berangkat dari hal itu dan kesuksesan seminar MICE DISCOVERY 2015 - Connecting the Element of MICE Industry yang telah berhasil menarik lebih dari 350 pengunjung, maka tahun 2016, kelas D4 UPW DIKNAS angkatan 2012 Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, bermaksud menyelenggarakan seminar lanjutan dengan mengangkat judul seminar "MICE DISCOVERY" dengan tagline "Connecting the Element of MICE Industry to Face the Challenge of AEC 2016" yang diselenggarakan pada hari Selasa tanggal 24 Mei 2016 di Auditorium STP Trisakti, Jl. IKPN Bintaro No. 1, Tanah Kusir - Jakarta Selatan.


Seminar ini bertujuan untuk membantu pemerintah dalam memberi pemahaman mengenai industri MICE serta membantu mempersiapkan sumber daya

yang kompeten dan unggul dalam menghadapi persaingan Masyarakat Ekonomi ASEAN yang dimulai tepat tahun 2016. Seminar ini didukung oleh pembicara-pembicara yang ahli di bidang MICE yaitu:

  1. Ir. Eko Prabowo, MBA., M.Sc.


Presiden Direktur PT Sarana Pameran Handal

Wakil Sekretaris Jenderal Asosiasi Karnival Indonesia

  1. Tazbir, S.H., M.Hum.


Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah -

Kementerian Pariwisata Republik Indonesia

  1. Drs. Heri Setyawan, M.Si


Ketua MICE Center

Wakil Direktur LSP MICE

Moderator MICE DISCOVERY 2016 adalah Monalisa Eka Shinta, M. Par., CEVMSyang juga menjabat sebagai Singapore Press Holding Exhibition Roadshow Event Consultantdan CEO dari PT. Sarana Pameran Handal serta dosen mata kuliah MICE dan Event Management.

Seminar ini dibuka dengan tarian selamat datang oleh Juara 3 Miss Indonesia 2015, Yona Luvitalice Miagan, dan dimeriahkan oleh beberapa pertunjukan acara dari Unit Kegiatan Mahasiswa STP Trisakti, yaitu Tourism In Art Trisakti (seni musik

tradisional kolintang) dan Gema Suara Pesona (seni paduan suara) yang sudah banyak menghasilkan prestasi di tingkat Internasional.

Seminar MICE DISCOVERY dihadiri oleh 350 Peserta yang berasal dari siswa-siswi, guru-guru Sekolah Menengah Kejuruan, mahasiswa-mahasiswi, dosen dari berbagai Perguruan Tinggi yang memiliki kurikulum MICE, serta para Professional dari berbagai Event Organizer, Professional Conference Organizer dan juga Professional Exhibition Organizer.

Penyelenggaraan MICE DISCOVERY didukung oleh Kementerian Pariwisata, Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (ASPERAPI), Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN Indonesia), Yayasan GNOTA, Pesona Indonesia, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti (STPT) serta didukung oleh sejumlah media partner seperti: Majalah Venue, Venuemagz.com, Majalah Getaway!, Majalah SWA, Event Banget!, Rajanya Event, Soul of Jakarta, KabarKampus.com, Kesekolah.com, Unit Kegiatan Mahasiswa Pers Trisakti dan disponsori oleh Cocola Lite The All-Natural Wax Bar, PT. Sukanda Djaya, Common Grounds, San Benedetto, Look and Decor.

Untuk info lebih lanjut mengenai MICE Discovery, silakan menghubungi:

Aurelia Astrellita - Media Coordinator (+62 896 3703 3232)

Email: mkt.micediscovery2016@gmail.com

Facebook: MICE Discovery II

Twitter/Instagram: @micediscovery2

Website: http://mice-discovery2.tk