Pesta Sains Nasional 2015, Sainskan Indonesia!

6 November 2015 2015


Pesta Sains Nasional (PSN) merupakan ajang kompetisi sains tahunan terbesar yang diselenggarakan oleh Institut Pertanian Bogor. Pesta Sains Nasional 2015 mengusung tema "Indonesian Science". Dukungan atas pengembangan riset modern dan inovasi di dunia sains berbasis kearifan lokal menjadi latar belakang diangkatnya tema tersebut. Gelaran PSN 2015 akan melibatkan ribuan siswa/siswi SMA sederajat serta tim pengajar dari seluruh sekolah yang tersebar di Indonesia. Pesta Sains Nasional 2015 akan diselenggarakan selama dua hari, yaitu pada 14-15 November 2015. Rangkaian kegiatan PSN 2015 di antaranya, kompetisi nasional himpunan keprofesian FMIPA IPB, seminar kurikulum dan keguruan, Talkshow Indonesian Science, Motivation Training, Maker at Pesta Sains, dan pemilihan guru teladan Pesta Sains Nasional 2015.

Sebanyak 9 kompetisi nasional yang akan diselenggarakan, antara lain

1. STEM Young Researcher Awards

2. Kompetisi Statistika Jr. (Komstat Jr.) Departemen Statistika IPB

3. Meteorologi Interaktif (Metrik) dari Departemen Geofisika dan Meteorologi IPB

4. Lomba Cepat Tepat Biologi (LCTB) dari Departemen Biologi IPB

5. Chemistry Challenge(CC) dari Departemen Kimia IPB

6. Matematika Ria (MR) dari Departemen Matematika IPB

7. Computer Problem Solving Competition(CPSC) dari Departemen Ilmu Komputer IPB

8. Kompetisi Fisika (KF) dari Departemen Fisika IPB

9. Lomba Karya Ilmiah Populer (LKIP) dari Departemen Biokimia IPB

Selain kompetisi nasional, PSN 2015 juga akan diawali dengan Keynote Speaker yang akan disampaikan oleh mantan presiden 2004-2014, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Rangkaian acara yang lain yaitu seminar kurikulum dan keguruan. Seminar ini diadakan khusus untuk guru pendamping siswa/siswi peserta kompetisi. Membangun motivasi gurudalam meningkatkan kompetensi guru dalam melakukan pengajaran terhadap siswa/siswi. Pembicara pada sesi seminar ini yaitu Mast Tio Nugroho yang merupakan seorang motivator muda.Rangkaian acara pada seminar ini akan diadakan Focus Grup Discussion (FGD) untuk menambah wawasan guru secara interaktif. Di akhir kegiatan akan diadakan secara simbolik penganugerahan guru teladan Pesta Sains Nasional 2015.

Selain seminar Kurikulum dan Keguruan, rangkaian kegiatan PSN 2015 akan diramaikan dengan Talkshow Indonesian Science oleh Leo Wibisono, yang merupakan mantan mahasiswa berprestasi IPB tahun 2011. Talkshow ini dikhususkan kepada seluruh peserta kompetisi nasional. Acara Motivation Training juga menjadi salah satu rangkain PSN 2015 yang bertujuan meningkatkan kepercayaan diri siswa/siswi untuk terus berani berprestasi. Terakhir, yaitu Maker at Pesta Sains, sebuah pameran sains untuk mengapresiasi serta memperkenalkan hasil penemuan saintis FMIPA Insitut Pertanian Bogor.

Kompetisi nasional Pesta Sains 2015 memperebutkan Piala bergilir Presiden Republik Indonesia bagi juara umum, Piala bergilir Mendiknas untuk Juara I Lomba Cepat Tepat Biologi, Juara I lomba Matematika Ria, Juara I Kompetisi Fisika, Piala bergilir Menristek RI untuk Juara I Lomba Komstat Junior, Juara I Lomba Chemistry Challenge, Juara I Computer Problem Solving Competition, dan Juara I Lomba Karya Ilmiah Populer. Selain itu, memperbutkan piala bergilir BMKG bagi juara I Meteorologi Interaktif, piala bergilir Andi Hakim Nasoetion bagi juara I STEM Young Researcher Award baik kategori siswa maupun guru, piala tetap bagi juara 1, 2, dan 3, medali penghargaan bagi juara 1,2, dan 3, tabungan pendidikan bagi juara 1,2,dan 3, dan sertifikat. Berbeda dari kompetisi-kompetesi sains lainnya, setiap Juara I Pesta Sains Nasional dis tiap cabang kompetisi (kecuali kompetisi SYRA) berkesempatan mendapatkan tiket "freepass" menjadi mahasiswa FMIPA IPB sesuai pada kategori kompetisi yang diikuti dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Registrasi dan pendaftaran lomba sudah ditutup pada tanggal 8 oktober 2015, tapi jangan khawatir teman-teman, masih ada tahun depan untuk berpartisipasi dalam memperebutkan Piala bergilir Presiden Republik Indonesia bagi juara umum ^^. Informasi lebih lanjut seputar Pesta Sains Nasional 2015 "Indonesian Science" dapat diperoleh dari website: http://pestasains.ipb.ac.id, Email: pestasains@apps.ipb.ac.id, Twitter: @pestasainsIPB , dan Line Official: @TDQ1255J