Museum Nasional Indonesia Siap Gelar Festival Meriah

15 Mei 2015 2015


Jakarta memiliki banyak museum dengan koleksi benda peninggalan yang bersejarah. Salah satu museum yang memiliki banyak koleksi adalah Museum Nasional Republik Indonesia, sebuah lembaga studi warisan budaya dan pusat informasi edukatif kultural dan rekreatif yang berperan untuk menyelamatkan dan melestarikan benda warisan budaya bangsa Indonesia.

Sejak awal berdiri, Museum Nasional mengembangkan semboyan "Ten Nutte van het Algemeen" (Untuk Kepentingan Publik), dimana lembaga berusaha untuk lebih mendekatkan diri lagi dengan masyarakat luas. Salah satu acara tahunan yang diselenggarakan oleh Museum Nasional adalah Festival Hari Museum Internasional, yang juga bertepatan dengan hari jadi Museum Nasional.

Pada tahun ini, Hari Museum Internasional yang jatuh pada tanggal 18 Mei 2015 serta juga bertepatan dengan hari jadi ke-237 Museum Nasional pada bulan April akan mengangkat tema "Museum Nasional dan Komunitas". Tahun ini festival akan diselenggarakan selama kurang lebih empat puluh hari terhitung sejak 21 April sampai 30 Mei 2015. Festival akan terselenggara dengan melakukan sosialisasi, promosi, serta hiburan kepada masyarakat. Festival akan terdiri dari beberapa rangkaian acara, yaitu fun walk, kids fashion show, lomba paduan suaran, dan film pendek. Selain itu akan ada workshop dan pameran tradisional, bazaar, serta malam puncak pada tanggal 25 Mei 2015.

Melalui acara yang digelar mulai tanggal 17-25 Mei ini Museum Nasional berharap masyarakat dapat mengetahui dan mengenal sejarah perkembangan museum dan benda warisan budaya bangsa, serta dapat meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap museum dan menaikkan minat masyarakat untuk berkunjung.

KEGIATAN

1. Fun Walk with Museum Nasional Indonesia

Tema: Bahagia Berjalan Bersama Museum Nasional

Waktu/Tempat: 17 Mei 2015/Museum Nasional

Acara ini akan dimulai sejak pukul 06: 30 pagi dimana para peserta berkumpul di halaman depan Museum Nasional. Masyarakat umum yang sedang berolahraga di kawasan Car Free Day juga bisa mengikuti acara gerak jalan ini. Yang menarik saat Fun Walk akan ada "Ranting Harapan" yang dipasang di Museum Nasional. Ranting Harapan adalah sebuah bentuk pohon yang kurus, kering, dan botak dimana para pengunjung bisa menuliskan harapan serta kritik dan saran untuk kemajuan Museum di secarik kertas berwarna hijau.

2. Kids Fashion Show Museum Nasional Indonesia


Tema: Warna-Warni Indonesia

Waktu/Tempat: 18, 20, 22 Mei 2015/Gedung B Museum Nasional

Lomba peragaan busana untuk siswa tingkat SD yang terbagi dalam dua kategori. Peserta wajib memakai pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

3. Nyanyian untuk Indonesia


Tema: Jelajah Harmoni Khatulistiwa

Waktu/Tempat: Gedung B Museum Nasional/ 19, 21, 23 Mei 2015

Lomba Paduan Suara untuk tingkat SLTP se-Jabodetabek dimana setiap sekolah yang berpartisipasi dapat mengirimkan tiap kelompok paduan suara yang beranggotakan sekitar 10-20 siswa.

Peserta berkelompok dan wajib membawakan lagu "Museum di Hatiku" dan lagu daerah Indonesia sebagai lagu pilihan. Peserta mendapat kebebasan mengaransemen sesuai kreativitas.

4. Lomba Film Pendek


Tema: Kita dan Museum

Waktu/Tempat: Museum Nasional/ 23-24 Mei 2015

Kompetisi tingkat SMA dalam bidang sinematografi ini mengusung tema "Perspektif". Tujuannya adalah memberikan ruang bagi para peserta lomba untuk menampilkan sudut pandangnya tentang pentingnya Museum Nasional bagi masyarakat Indonesia.

Untuk mengapresiasikan karya para peserta lomba, hasil karya lomba film pendek berkesempatan ditayangkan untuk masyarakat umum dan masyarakat bisa memilih film pendek favoritnya.

5. Workshop dan Pameran Mainan Tradisional

Tema: Mencipta, Tersenyum, dan Mainkan

Waktu/Tempat: 23 dan 24 Mei 2015/Museum Nasional

Ini merupakan workshop pembuatan beberapa jenis permainan yang bermanfaat bagi anak-anak dan remaja sebagai tambahan pengetahuan. Tujuannya anak-anak dapat berpikir terbuka untuk menciptakan maupun memodifikasi pembelajaran yang lebih kreatif.

Untuk pameran, pengunjung akan disuguhkan dan bisa merasakan langsung permainan-permainan tradisional seperti congklak, dakon, bekelan, cublak-cublak suweng, enggrang, dan sudamanda.

6. Bazzar at the Museum

Tema: Keindahan Indonesia

Tempat&Waktu: Museum Nasional, 17 - 25 Mei 2015

Bazzar ini menawarkan produk kerajinan tangan dan kuliner nusantara yang terbuka untuk umum. Rencananya akan diisi oleh sekitar 20 vendor bisa dinikmati masyarakat di area Taman Sanken Museum Nasional.

7. Gebyar Festival Hari Museum Internasional dan 237 Tahun Museum Nasional Indonesia

Tema: Kita untuk Museum

Tempat&Waktu: Museum Nasional, 25 Mei 2015

Inilah puncak kemeriahan Gebyar Festival hari Museum Internasional dan 237 tahun Museum Nasional Indonesia. Acara menampilkan pertunjukan tari daerah dari Abang-None Jakarta dan penampilan stand up comedy dengan tema sejarah. Selain itu, sanggar tari terpilih akan menampilkan tari daerah dari Nusantara (3 tarian dari Indonesia Bagian Barat, Tengah, dan Timur).

Masyarakat dapat menyaksikan pemutaran film pendek hasil kreativitas peserta lomba dan hadiah pemenang lomba pun dibagikan.

Pemenang film pendek juga berkesempatan untuk memutarkan filmnya untuk dilihat para pengunjung Museum. Di hari ini pula, hadiah untuk para pemenang lomba yang diadakan sebelumnya akan dibagikan.

@museumnasional

museumnasionalindonesia

museumnasional.or.id