Motion (Communication Exhibition)

21 Maret 2014 2014


Departemen Komunikasi Universitas Airlangga Surabaya present "Motion (Communication Exhibition)"

Merupakan kompetisi dan eksibisi dalam bidang komunikasi. Tema yang diusung kali ini adalah "Mobile GenerAction". Kompetisi itu di antaranya adalah kompetisi fotografi, video iklan kreatif, eksibisi film, dan journalist on the spot.Karya-karya yang dilombakan tersebut nantinya akan dipamerkan di venue yang dibuka untuk umum.

a. Motion Photo Competition

- Deskripsi: Diadakannnya kompetisi ini bertujuan sebagai ruang apresiasi terhadap karya-karya di bidang fotografi yang diproduksi oleh para kreatornya, baik profesional maupun amatir, serta sebagai bentuk dukungan terhadap potensi dan kreatifitas anak bangsa.

- Tema: "Mobile GenerAction"

- Regional: Nasional

1. Photo-Stories Competition

Ketentuan Foto dalam Program Photo-Stories Competition:

* Foto yang diambil dapat menggunakan kamera DSLR atau pocket camera digital.

* Foto yang dikumpulkan dalam Photo-Stories Competition bercerita sesuai dengan tema, lengkap disertai narasi dengan jumlah 5-7 foto.

* Ukuran foto 8R (25X 30) Doft, disertai judul dan cerita singkat mengenai foto.

* Foto yang dikumpulkan adalah foto dengan editing terbatas (cropping, contrast, dan brightness) dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya.

* Foto yang dilombakan tidak mengandung unsur provokatif, pornografi dan SARA. Panitia berhak untuk mendiskualifikasikan file foto yang dianggap mengandung unsur-unsur tersebut.

* Peserta boleh mengirim lebih dari satu karya, dengan catatan setiap karya dikemas dalam bungkus yang berbeda.

* Formulir pendaftaran dan brief (termasuk ketentuan kompetisi secara lengkap) dapat didownload di www.hutkomunair.org

* Pengumpulan karya paling lambat tanggal 1 Mei 2014.

* Penghargaan Program Photo-Stories Competition

Juara I: Rp 2.000.000 + setifikat

Juara II: Rp 1.500.000 + setifikat

Juara III: Rp 1.000.000 + setifikat

2. Photo Hunting

Photo Hunting adalah salah satu program dari Motion Photo Competition 2014 yang dibuat untuk mengumpulkan orang-orang dari berbagai lapisan yang tertarik dalam bidang fotografi dan menjadi wadah apresiasi terhadap karya-karya mereka. Dalam hunting foto kali ini Motion mengajak para peserta untuk mengabadikan momen yang berlangsung pada salah satu rangkaian acara Hutkom 26, yaitu CommCharity pada tanggal 5 April 2014.

CommCharity adalah salah satu bentuk dari kepedulian dan pengabdian kita terhadap sesama. Mengacu padatema Hutkom26, yaitu "Innovation and Mobile Lifestyle", maka CommCharity kali ini akan diselenggarakan dengan memberikan pengetahuan kepada anak-anak panti asuhan mengenai teknologi dengan cara yang unik dan kreatif. Anak-anak tersebut akan dikenalkan dengan berbagai bentuk teknologi komunikasi masa kini, dan seperti apa penggunaan yang sesuai dengan umur mereka. Sehingga, perkembangan teknologi komunikasi khususnya kehadiran smartphone dapat disikapi dengan tepat dan bijak.

b. Motion Film Festival

- Deskripsi: Diadakannnya festival ini bertujuan sebagai ruang apresiasi film-film pendek yang diproduksi para sineas Indonesia, baik profesional ataupun amatir, dan sebagai ruang temu para penggiat film di Indonesia.

- Tema: "Innovation and Mobile Lifestyle"

- Regional: Nasional

1. Smartphone Film Short Competition

Ketentuan film dalam program Smartphone Short Film Competition:

* Peserta adalah Warga Negara Indonesia tidak terbatas usia dan dibuktikan dengan kartu tanda pengenal.

* Film diproduksi dengan menggunakan kamera telepon genggam cerdas atau smartphone, apapun jenisnya.

* Peserta diperkenankan menggunakan aplikasi penyunting video yang ada di dalam smartphone ataupun aplikasi penyunting video di komputer atau laptop.

* Peserta diperkenankan menggunakan alat bantu tambahan untuk membuat video menjadi lebih maksimal. Seperti: tripod, lensa tambahan, dan lain-lain.

* Film yang dikumpulkan berjenis film fiksi pendek, bukan dokumenter, iklan, company profile atau teaser.

* Tema bebas.

* Durasi film maksimal 15menit, termasuk opening dan credit tittle.

* Film yang dikirimkan adalah film yang selesai diproduksi di atas tanggal 1 Januari 2012.

* Film yang menggunakan bahasa selain Bahasa Indonesia, wajib menyertakan subtitle Bahasa Indonesia.

* Materi film(objek, musik, footage, dan lain-lain) tidak melanggar hak cipta. Segala gugatan terkait hak cipta di luar tanggung jawab panitia.

* Peserta wajib menyertakan surat pernyataan atau surat ijin dari pemegang hak cipta, apabila menggunakan materi non-orisinal.

* Peserta boleh mengirim lebih dari satu karya, dengan catatan setiap karya(DVD film dan DVD berkas kelengkapan film) dikemas dalam bungkus yang berbeda.

* Formulir pendaftaran dan brief (termasuk ketentuan kompetisi secara lengkap) dapat didownload di www.hutkomunair.org

* Film dan berkas kelengkapannya terakhir diterima panitia Motion Film Festival 2014 pada tanggal 1 Mei 2014 (cap pos).

* Penghargaan untuk pemenang Gold Smart Award adalah plakat + uang tunai sebesar Rp3.000.000(tiga juta rupiah) dan untuk pemenang Silver Smart Award adalah plakat + uang tunai sebesar Rp2.000.000(dua juta rupiah).

2. Exhibition(non-competition)

Program Exhibition diadakan sebagai wadah apresiasi film-film pendek Indonesia dan juga untuk mendekatkan film pendek dengan masyarakat. Dengan kata lain memberi tahu kepada masyarakat bahwa banyak film-film pendek berkualitas yang diproduksi oleh sineas Indonesia yang tidak dapat mereka tonton di layar televisi. Formulir pendaftaran dan brief (termasuk ketentuan kompetisi secara lengkap) dapat didownload di www.hutkomunair.org . Film dan berkas kelengkapannya terakhir diterima panitia Motion Film Festival 2014 pada tanggal 1 Mei 2014 (cap pos).

· Contact:

Motion Photo Competition: 08563133714 (Danastri)

Motion Film Festival: 085755096660 (Theo)

Email: contact@hutkomunair.org

·Alamat website: www.hutkomunair.org