Rock The Vote Indonesia

5 Desember 2013 2013


Dalam mempersiapkan masa depan bangsa dan negara Indonesia dan untuk menjaga agar Pemilu 2014 dapat berjalan dengan baik, serta output pemilu memiliki legitimasi yang cukup untuk memimpin pemerintahan, maka program pendidikan politik untuk para pemilih muda Indonesia sangat penting dan mendesak untuk dilakukan. Program pendidikan politik tersebut perlu dilaksanakan dengan cara dan metode baru, dengan materi dan kurikulum yang disesuaikan dengan karakter, kebutuhan, kepentingan, minat dan tingkat pengalaman dan pemahaman ‘anak muda’ tentang politik.

Oleh karena itu Rock The Vote Indonesia yang merupakan salah satu program Center of Election and Political Party FISIP UI (CEPP FISIP UI) menyelenggarakan Pendidikan Pemilih muda yang tujuannya memberikanpendidikan politik, demokrasi, dan pemilu untuk pemilih muda Indonesia. Selain itu juga ingin membangun gerakan memilih yang cerdas, kritis, dan berorientasi pada masa depan bangsa dan negara yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 (amandemen).

Rock The Vote Indonesia kali ini khusus untuk 1000 siswa-siswi SMA/SMK Se-Jabodetabek. Jenis kegiatannya adalah:

a. Diskusi bawah pohon: memperkenalkan dan menyediakan jawaban mengenai: apa itu politik? Apa itu demokrasi? Apa itu pemilu? Apa pentingnya pemilu? mengapa harus memilih? Siapa yang harus dipilih? Bagaimana setelah memilih?

b. Election Mop: kegiatan simulasi pemilu bagi Siswa SMA. Di dalam Election Mop terdapat beberapa TPS yang tersebar di 7 titik sekitar Balairung, Universitas Indonesia. Siswa SMAakan melaksanakan kegiatan simulasi pemilu seolah-olah melaksanakan pemilu sesungguhnya.

More info:

Rock The Vote Indonesia

Center for Election and Political Party

Gd. C Lt. 3

FISIP Universitas Indonesia

@rockthevote_ID
www.rockthevoteindonesia.org