Liputan English Competition Se-Jabodetabek President University

12 Desember 2013 2013


PRECEDENT2013

KOMPETISI BAHASA INGGRIS PRESIDENT UNIVERSITY BAGI SISWA SMA SEJAWA BARAT, DKI JAKARTA DAN BANTEN DENGAN TOTAL HADIAH MENCAPAI 4M


Sebagai acara tahunan, President University mengadakan "PRECEDENT" untuk yang kedua kalinya, event kompetisi bahasa inggris yang di adakan pada hari Sabtu dan Minggu, 16 - 17 November 2013 di kampus President University, Jl. Ki Hajar Dewantara, Jababeka Cikarang. Event ini dipelopori oleh PACT (President Association of Critical Thinkers), klub bahasa inggris President University dan bekerjasama dengan Presiden University. (Lomba dapat dilihat di link berikut: http://www.kesekolah.com/event/2013/english-competition-tingkat-sma-sederajat-se-jabodetabek.html)

PRECEDENT berhasil terlaksana dengan total peserta 165 siswa SMA sederajat se-Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten. Acara ini dimeriahkan dengan total hadiah mencapai 4 miliar Rupiah, termasuk beasiswa kategori 2 dari President University, sertifikat, trofi, dan uang tunai. Terdapat lima kategori lomba bahasa inggris yaitu, lomba Debate, Scrabble, Writing, News Casting dan Speech yag bertemakan "Nationalism Spirit in Preserving Indonesian Culture". Acara ini dilaksanakan sebagai peringatan "Hari Warisan Dunia" yang jatuh pada tanggal 16 November guna membangkitkan semangat nasionalisme generasi muda, tidak hanya dalam memeringati momen Sumpah Pemuda saja, namun bisa diterapkan dalam mempertahankan keberadaan budaya Indonesia.

Hari pertama kompetisi dimulai dengan opening ceremony, dilanjutkandengan pemukulan gong oleh bapak Chandra Setiawan sebagai Rektor President Universitypada pukul 08.00 sebagai tanda bahwa kompetisi telah dimulai. Acara dilanjutkan dengan briefing oleh PIC Competition kepada peserta kompetisi sebelum babak penyisihan dimulai. Pelaksanaan babak eliminasi dan semi final bagi scrabble hingga menyisakan 6 besar tim untuk maju ke final. Babak eliminasi juga dilaksanakan oleh debate competition hingga menyisakan 4 besar tim untuk maju ke semi final.Writing melakukan seleksi dari naskah yang diterima hingga menemukan 10 besar peserta terbaik untuk melakukan presentasi di depan juri. News Casting membaca news reading dan sport news. Semi final live report.

Acara berlanjut pada hari kedua dengan babak final untuk 6 tim scrabble dan memtuskan 3 tim terbaik untuk menjadi pemenang, sementara. News casting melakukan news reading di babak final. Speech terpilih 6 besar untuk masuk kebabak final dan dari 6 finalis tersebut juri akan menentukan pemenang dari speech competition yang dilakukan secara terbuka dan bisa ditonton oleh semua peserta dan guru atau orangtua murid. Dilanjutkan dengan debate, dari 2 tim yang masuk ke babak final, mereka melaksanakan babak final untuk menentukan pemenang secara terbuka.

Pemenang untuk lomba Precedent sebagai berikut:

- Scrabble:

  • Juara pertama: SMA N2 Tangerang: Andre Jonathan, Hardiyanti Citrawati
  • Juara kedua: SMA N 1Tangerang: Quraisy Abdurrahman, Aditya Bayu
  • Juara ketiga: SMA N 2Tangerang: Delima Andriyani, Emilia Kurniasari



- Speech:

  • Juara Pertama: Aussie Nurul Anisa(SMA N 3Bogor)
  • Juara Kedua: Amanda Larasati (SMA N 5 Bekasi)
  • Juara ketiga: Annisa Ananda Putri (SMAN 54 Jakarta)


- Debate:

  • 1st: SMA Sekolah Pelita Harapan Sentul City (Tifanny Valeska Kristianto, Jennifer Sanantha, Sherni Makhijani)
  • 2nd: SMAN 5 Tangerang (Ruth Debora Lambok, Rismala Sari, Aprisha Z. Putri)



- Writing:

  • Juara Pertama: Sendika Gengyan Tuhu (SMAN 19 Bandung)
  • Juara Kedua: Michael William Gumardi (Mutiara Nusantara Int. School)
  • Juara Ketiga: Fajar Alpine (Global Prestasi School)


- News Casting:

  • Juara Pertama: Andre Gaga Suwanto (Mutiara Nusantara International School)
  • Juara Kedua: Clarissa Merry (Saint John’s Catholic School)
  • Juara Ketiga: Fahmi Yusuf Musaddad (SMA Islamic Village)


Acara diakhiri dengan closing ceremony yang terdiri dari pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah dengan selingan performance dari Music Community dan juga Catwalk Busana Daerah oleh Mr & Mrs. President University. Seselesainya closing ceremony, acara dilanjutkan dengan pembagian serifikat kepada peserta, para pemenang juga berkesempatan untuk berfoto bersama Advisor of PACT.