Pelaksanaan KOMUD 2012

15 Mei 2012 2012


KOMUD adalah Program KOMputer Itu MUDah yang dibuat oleh Kesekolah.com dan PT Lautan Luas Tbk., dimulai dari tahun 2011. Tujuannya adalah untuk membantu anak-anak yang kurang mampu kelas 3 SMA/SMK/STM untuk meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi dan membangun anak bangsa. Para peserta KOMUD diambil dari seluruh Jakarta dan Tangerang yang telah disortir menjadi 30 anak. Anak-anak yang telah memenuhi kualifikasi di-training mengenai dasar-dasar komputer serta tips dan trik di Microsoft Word, Excel dan Power Point untuk dunia kerja selama 2 hari. Acara ini berlangsung tanggal 14-15, 16-18 dan 22-23 Mei 2012.

Tahun 2012 ini Kesekolah.com dan PT Lautan Luas Tbk. menggandeng Universitas Bina Nusantara (BINUS) sebagai mitra untuk memberikan bahan training dan juga trainer yang handal di bidang komputer. Ke-30 anak yang telah mengikuti acara KOMUD akan mendapatkan Sertifikat dari Universitas BINUS dan 1 anak terpilih akan Bekerja dan mendapatkan Beasiswa dari PT Lautan Luas untuk meneruskan kuliah di BINUS. Acara ini juga didukung oleh Zyrex yang telah menyediakan laptop yang digunakan peserta selama masa training.

Sesi pertama Komud pada tanggal 14-15 Mei 2012 dihadiri oleh 9 peserta terpilih dari 2 panti asuhan dari daerah Depok dan Rawamangun. Mereka mengikuti pelatihan di bawah pengawasan dosen-dosen bidang IT dari Universitas BINUS mulai dari jam 9 pagi sampai sekitar jam 5 sore. Selama kurun waktu yang terbilang singkat ini, para peserta terpilih Komud mereview kembali hal-hal yang telah dipelajari di sekolah dan juga mempelajari banyak hal-hal baru yang bersangkutan dengan penggunaan Microsoft Office terutama Word, Excel, dan PowerPoint. Tampak sekali ketekunan mereka dalam mendengarkan dan mengikuti materi pembelajaran yang telah disiapkan oleh para pengajar dari Universitas BINUS. Dengan memakai notebook 100% buatan Indonesia yang disediakan oleh Zyrex, mereka dengan seksama mengikuti instruksi-instruksi dan pengajaran dari trainer. Sesi pertama di akhiri para peserta Komud dengan mendapatkan pengetahuan baru yang berguna dan bisa digunakan pada saat mereka bekerja.

Hari kedua pada sesi pertama ini digunakan sebagai ujian untuk para peserta dari pelajaran yang telah dipelajari hari sebelumnya. Selama 3 jam dari jam 9 pagi sampai 12 siang, mereka harus menyelesaikan soal-soal yang diberikan oleh Universitas BINUS karena yang berprestasi terbaik akan mendapatkan kesempatan tidak hanya untuk mendapatkan beasiswa dan bersekolah di Universitas BINUS, tapi juga untuk kesempatan bekerja dan menimba ilmu di PT. Lautan Luas.

Leo, 20, lulusan SMK jurusan percetakan, berkomentar "Seneng banget karena di training dulu sebelum ujian. Pengajarnya ramah-ramah dan karyawan di PT Lautan Luas juga ramah-ramah. Kalau ujiannya cukup susah, apalagi bagian Excelnya", ketika ditanya rencana kedepannya, Leo mengatakan "Sekarang sih pengen kerja dan cari pengalaman, setelah itu ingin kuliah lagi".

Peggy, 17, lulusan SMK jurusan perkantoran, berkata "Senang dapat ilmu baru. Trainernya juga ramah dan ga boring. Fasilitas juga cukup disiapkan. Kalau ujiannya kejawab semua sih, tapi susah". "Saya mau kuliah di Universitas Negeri Jakarta, mungkin bidang informatika atau manajemen perkantoran," tutur Peggy ketika ditanya mengenai rencananya ke depan.

Walaupun KOMUD baru dimulai tahun 2011 tapi alumni KOMUD 2011 telah bekerja di PT Strategic Partner Solution sebanyak 5 (lima) orang dan mereka mampu menunjukkan kemampuannya didunia kerja. Mereka bekerja sambil kuliah dan sekarang mereka telah diangkat menjadi karyawan tetap.

Semoga dengan adanya event KOMUD setiap tahunnya dapat membantu anak-anak bangsa yang ingin mewujudkan mimpinya serta menghasilkan anak-anak bangsa yang berprestasi dan membangun negeri Indonesia tercinta. Dan membuktikan bahwa setiap mimpi akan bisa terlaksana dengan menggunakan kesempatan yang ada dan terus bekerja keras.

Foto-foto pelaksanaan KOMUD 2012 dapat dilihat di bawah ini.