DISC Training

14 September 2012 2012



Sebagai salah satu media yang peduli terhadap perkembangan dunia pendidikan di Indonesia, Kesekolah.com merasa bertanggung jawab terhadap peningkatan dan perkembangan kualitas tenaga pendidik yang akan berpengaruh langsung terhadap peserta didiknya. Kesekolah.com bekerjasama dengan TK PAUD KUTILANG asuhan Rhenald Kasali menyelenggarakan satu acara pelatihan untuk pengembangan karakter guru dengan materi DISC. Melalui pelatihan ini, para guru akan semakin mengenal karakter pribadinya dan mengetahui cara untuk mengimprove kemampuan yang dimiliki. Selain itu, guru juga dapat mengetahui karakter siswa didikannya dan cara untuk menghadapi siswa dengan karakter yang berbeda-beda.


DISC merupakan salah satu media psikologi untuk mengetahui karakter seseorang, D for Dominance (berorientasi pada hasil akhir dan control-suka memimpin), I for Influence (berorientasi pada pengakuan dan penerimaan orang lain), S for Steadiness (berorientasi pada kestabilan dan keamanan diri) dan C for Conscientiousness (berorientasi pada keakuratan dan perintah orang lain). Masing-masing karakter memiliki kepribadian dan watak yang berbeda serta tentunya juga membutuhkan perlakuan yang berbeda dalam menghadapinya. Dengan mengenal karakter pribadi secara dini, kita dapat mengetahui bagaimana cara bersikap secara benar.

Pelatihan yang diadakan selama 2 hari, yaitu tanggal 3 September 2012 dan 12 September 2012 ini berlokasi di TK PAUD KUTILANG, Jatimurni Bekasi. Pelatihan ini dibawakan oleh Trainer Ibu Tatiyana Sarif, SE dan diikuti oleh para tenaga pengajar TK PAUD KUTILANG yang berjumlah sekitar 8 orang beserta kepala sekolah Ibu Luluk Mariam FR. Ibu Luluk mengaku sangat surprise dengan adanya kegiatan ini karena DISC dinilai sangat efektif bagi guru, dengan mengetahui gaya belajarnya, guru pun dapat mengenal cara untuk mengajar. Acara yang dikemas secara serius namun santai ini diharapkan dapat membantu para guru untuk semakin mengenal diri dan mengembangkan karakter yang akan berdampak positif bagi para siswanya.