Yuk Simak 3 Manfaat Tidur Bersama Bayi bagi Orangtua

30 Juli 2016 Artikel Pendidikan


Menempatkan bayi untuk tidur seranjang bersama orangtua merupakan hal yang tepat. Hal tersebut rupanya sangat bermanfaat bagi orangtua maupun si bayi terutama dalam hal tumbuh kembangnya dan yang paling penting lagi, yaitu dapat membangun attachment parenting atau kelekatan antara orangtua dan anaknya.

Lalu apa saja manfaat lainnya tidur bersama bayi bagi orangtua? Simak ulasannya berikut ini:

Bayi tidur lebih tenang dan lelap.

Bayi yang ditempatkan untuk tidur bersama orangtua terutama ibu, cenderung memiliki kualitas tidur yang lebih baik dibandingkan dengan bayi yang tidur di ranjang sendiri. Berdasarkan penelitian, selama tidur semua sel tubuh manusia, termasuk sel otot, hati, ginjal, tulang sumsum, dan sel otak mengalami pemulihan. Hormon-hormon pun lebih aktif diproduksi. Semua itu penting untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi kerja otak. Hal inilah yang nantinya akan bermanfaat bagi tumbuh kembangnya kelak.

Mengembangkan kepercayaan antara orangtua dan bayi.

Dengan bayi yang tidur bersama orangtua yaitu ibu, maka hal ini memungkinkan memberikan keyakinan pada bayi, ada ibu di sisinya yang selalu siap memenuhi keinginan buah hati tercinta dengan cepat dan tepat. Bayi juga akan merasa aman berada dekat Anda. Tentunya ini sangat baik bagi tumbuh kembang si kecil untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak di masa mendatang.

Lebih mudah untuk menyusui.

Manfaat lain yang Anda dapatkan dari tidur bersama bayi adalah si ibu jadi lebih mudah menyusui sang bayi. Bayi yang menyusu pada malam hari juga membantu ibu terhindari dari payudara yang bengkak dan berdenyut-denyut. Berbagai gejala ini dapat menimbulkan mastitis (infeksi saluran ASI). Tak hanya itu, Anda juga jadi tak perlu untuk bolak-balik untuk menyusui si kecil dan bisa menyusui lebih lama.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)