Yuk Nikmati Liburan Sekolah dengan Kegiatan yang Menyenangkan

18 Juni 2017 Artikel Pendidikan


Setelah sibuk dengan pelajaran dan tugas-tugas rutin selama berada disekolah tentu saja liburan sekolah merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh anak-anak. Oleh Karena itu, liburan sekolah menjadi momen penting bagi anak-anak untuk melepas segala penat. Adanya liburan sangat diperlukan oleh semua manusia karena tubuh dan pikiran manusia memerlukan penyegaran serta pembaharuan setelah melakukan kegiatan-kegiatan rutin setiap harinya. Liburan ditujukan untuk membuat seseorang terhindar dari perasaan jenuh dan menurunnya semangat ketika harus berhadapan kembali dengan rutinitas yang sama.

Saat liburan anak-anak memiliki waktu luang yang lebih banyak sehingga mereka juga memiliki waktu lebih banyak untuk bersantai-santai dirumah. Namun terkadang waktu luang yang tersedia tidak bisa dimanfaatkan anak dengan maksimal sehingga banyak waktu liburan yang terbuang sia-sia tanpa adanya kegiatan positif yang telah dilakukan oleh anak.

Berikut beberapa kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi liburan sekolah:

1. Melakukan kegiatan yang mengandalkan kreativitas dan imajinasi anak. Misalnya, membuat berbagai bentuk lilin atau tanah liat, melukis, menggambar komik, mengarang puisi, dsb.

2. Lakukan aktifitas yang melibatkan olah fisik dan ketrampilan anak, seperti berenang, menari, senam, menjahit, jalan pagi, bermain badminton, dsb.

3. Melatih kemampuan bersosialisasi anak. Misalnya dengan mengajak anak bersilaturahmi atau berkunjung ke rumah sanak saudara, menginap di rumah nenek, bermain dengan anak tetangga, dsb.

4. Ajak anak melakukan kegiatan yang menunjang kecerdasan emosi. Misalnya mengajak anak ke panti asuhan, melihat daerah pemukiman penduduk miskin, panti jompo atau mengunjungi korban bencana alam sehingga tumbuh rasa empati anak terhadap orang lain.

5. Kreatif beraktifitas yang menambah wawasan pengetahuan. Misalnya mengajak anak ke museum, candi, toko buku, berkunjung ke pedesaan, berbelanja ke pasar tradisional, dsb.

6. Lakukan kegiatan yang menunjang kecerdasan spiritual . Misalnya dengan mengunjungi tempat-tempat wisata alam, seperti pegunungan, kebun raya, laut, danau, ikut pesantren kilat atau tadabur alam, dimana anak bisa mengagumi kebesaran Tuhan dan menambah rasa syukur.

7. Menciptakan aktifitas yang menunjang pengembangan pribadi, seperti memupuk rasa tanggung jawab dan kemandirian anak. Misalnya dengan mengikutkan anak dalam acara-acara outbound, kemping bersama teman-teman sekolah, dsb.

Tentunya masih banyak lagi kegiatan liburan yang dapat dilakukan. Intinya adalah isi liburan dengan kegiatan yang asyik dan menyenangkan bersama-sama dengan bimbingan orang tua. Selamat menikmati liburan yang menyenangkan sehingga kembali segar saat memulai aktivitas baru.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)