Yuk! Latih Disiplin Siswa di Sekolah

5 Maret 2015 Artikel Pendidikan


Disiplin merupakan hal yang paling mendasar dalam kehidupan sehari-hari. Tak terkecuali di sekolah. Dimana kedisiplinan merupakan cerminan dari sekolah itu sendiri. Anak yang sudah dilatih disiplin di sekolah nantinya akan berdampak besar di kehidupannya kelak. Disiplin juga menjadi salah satu faktor yang dapat membantu seseorang meraih sukses, tidak terkecuali disiplin pada siswa.

Bagaimana siswa bisa dibilang disiplin?

Disiplin adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dan serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan atau ketertiban.

Demi menciptakan keamanan dan lingkungan belajar yang kondusif, disiplin merupakan solusi tepat untuk mengatasi segala permasalahan di kelas. Bayangkan saja jika seorang guru tidak mampu menerapkan disiplin dengan baik maka siswa mungkin menjadi kurang termotivasi dan tidak terkontrol dengan baik, serta suasana belajar menjadi kurang kondusif untuk mencapai prestasi belajar siswa.

Apa yang harus dilakukan sekolah untuk menerapkan disiplin para siswa-siswinya?

Beberapa cara yang dapat dilakukan sekolah adalah:

Guru yang disiplin

Guru hendaknya bisa menjadi contoh dalam berdisiplin, misalnya tepat waktu. Siswa tidak akan memiliki disiplin manakala melihat gurunya sendiri juga tidak disiplin. Guru harus menghindari kebiasaan masuk menggunakan jam karet, molor dan selalu terlambat masuk kelas.

Membuat tata tertib

Memberlakukan peraturan tata tertib yang jelas dan tegas, sehingga mudah untuk diikuti dan mampu menciptakan suasana kondusif untuk belajar.

Sosialisasikan pentingnya disiplin

Secara konsisten para guru terus mensosialisasikan kepada siswa tentang pentingnya disiplin dalam belajar untuk dapat mencapai hasil optimal, melalui pembinaan dan yang lebih penting lagi melalui keteladanan

Penanaman disiplin memang sebaiknya sejak dini dan dimulai dari rumah, namun itu saja belum cukup. Di sekolah, siswa juga harus diajarkan pentingnya disiplin oleh guru. Karena disiplin merupakan hal mendasar yang paling penting bagi kehidupan manusia.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)
Tags