Yuk Kenali Tanda-Tanda Anak yang Tergolong Cerdas

25 September 2014 Artikel Pendidikan


Semua orang tua pasti mendambakan anak yang cerdas. Anak cerdas memiliki ciri-ciri tersendiri yang bisa dibilang beda dari yang lain. Mereka cenderung memiliki perkembangan yang lebih cepat dari anak-anak lain yang seumuran. Tanda-tanda anak cerdas ini bisa diamati sejak anak usia dini. Maka dari itu, Anda harus peka dalam mengenali tanda-tandanya dan memperhatikan dengan baik perkembangan anak Anda untuk mendeteksi apakah termasuk anak yang pintar atau biasa-biasa saja.

Berikut beberapa tanda-tanda anak cerdas:
1. Memiliki kemampuan berjalan dan bicara di usia dini

Anak yang cerdas akan lebih cepat untuk berjalan dan berberbicara. Hal yang menyebabkan cepatnya perkembangan berjalan dan berbicara tersebut dikarenakan anak memiliki kemampuan koordinasi tubuh yang sangat baik dan biasanya kemampuan motorik kasarnya akan lebih cepat berkembang bila dibandingkan dengan kemampuan motorik halusnya. Sehingga memudahkan mereka untuk berjalan dan berbicara.

2. Mampu membaca di usia dini
Anak yang cerdas akan memiliki daya ingat yang sangat kuat. Ketika ia diajari untuk membaca maka dengan cepat bisa merekam apa yang telah diajarkan kepadanya. Sehingga dengan daya ingat yang sangat baik serta kemampuan untuk belajar dengan cepat, akan membuat mereka mampu membaca pada usia yang sangat dini. Selain itu ia akan bisa belajar lebih cepat bila dibandingkan dengan anak yang lain. Tentunya, mengajari anak yang cerdas akan lebih mudah apabila dibandingkan dengan anak yang memiliki perkembangan biasa-biasa saja karena anak langsung paham tanpa perlu mengulangi apa yang sudah diajarkan.

3. Cenderung aktif bertanya
Anak cerdas biasanya cepat bosan dan selalu ingin tahu tentang hal-hal baru. Sehingga dengan rasa ingin tahu yang besar, ia akan selalu aktif bertanya tentang hal yang ingin diketahuinya sampai puas.

4. Aktif dalam berargumentasi
Anak cerdas suka mengemukakan pendapatnya kepada orang lain. Ia sering memiliki gagasan yang bagus serta mampu memahami masalah secara mendalam dan berpikir tentang solusi karena kemampuan berpikir analitisnya berkembang pesat, ia akan sangat aktif berargumentasi dalam kelas.

5. Energik, Senang bereksperimen dan Senang mengamati
Anak cerdas biasanya tak kenal lelah, sehingga tidak mau tidur siang dan sulit disuruh tidur meski sudah larut malam. Dengan daya kreativitas yang sangat tinggi membuat mereka sangat suka mencoba melakukan berbagai hal baru, yang mungkin cukup ekstrim. Ditambah minat yang sangat tinggi untuk belajar tentang beberapa macam hal. Tentunya, hal semacam itu akan menjadikan anak-anak menjadi pengamat yang baik dan memiliki rentang perhatian yang panjang.

Dengan mengenali tanda-tanda diatas, Anda akan mengetahui apakah anak Anda termasuk anak cerdas atau biasa-biasa saja. Oleh karena itu perhatian terhadap pola asuh dan pendidikan yang layak sangat perlu untuk mendapatkan perhatian yang khusus. Begitu juga dengan pola asuh dan dan pola pendidikan atau pengajaran yang sesuai. Hal ini akan menghantarkan anak menjadi anak yang bermanfaat bagi sesama.

Semoga para orang tua bisa menemukan satu atau beberapa tanda anak cerdas pada buah hati Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)