Yuk Intip Berbagai Tradisi Natal di Seluruh Dunia

18 Desember 2018 Artikel Pendidikan


Hari Natal merupakan hari yang sangat dinantikan oleh umat Kristiani di seluruh dunia. Banyak cara yang dilakukan dalam merayakan hari Natal. Namun, cara-cara tersebut tentu berbeda di satu daerah dengan daerah lainnya. Bagi yang merayakan, tentunya Anda sudah sibuk dengan segala persiapan Natal bersama keluarga maupun orang-orang tercinta? Seperti halnya Lebaran, perayaan Natal di setiap negara punya tradisi masing-masing. Berikut berbagai tradisi Natal khas masyarakat seluruh dunia:

Amerika
Hari raya Natal di Amerika biasanya lekat dengan tradisi tukar-menukar kado, mengirim kartu ucapan Natal, menghias rumah, menghias pohon Natal dengan lampu-lampu dan lingkaran daun-daunan. Selain itu, biasanya pada malam Natal umat kristiani di Amerika mengadakan pesta perjamuan dengan keluarga maupun kerabat. Menu yang dihidangkan seringkali melibatkan kalkun. Tradisi ini sudah populer sejak abad ke-18.

India
Perayaan Natal di India sangat unik. Sebab, pohon Natal tidak terbuat dari pohon cemara seperti pada umumnya, melainkan dari pohon mangga atau pisang. Mereka yang merayakan Natal akan mendekorasi rumah dengan daun mangga dan lampu minyak yang diletakkan di atap rumah atau di atas tembok.

Cina
Di Cina, perayaan Natal dilakukan dengan menghias rumah menggunakan lentera dan kertas. Puncak perayaan Natal dilakukan di Tahun Baru di mana setiap anak akan menerima hadiah baju baru, makan makanan mewah, mendapatkan mainan baru dan menikmati permainan kembang api. Selain itu, foto atau lukisan nenek moyang akan dipajang di ruangan utama rumah masing-masing.

Irak
Saat malam Natal, umat Kristiani di Irak akan berkumpul dan bergandengan tangan sambil menyalakan lilin, mereka kemudian membacakan cerita tentang kelahiran Yesus. Usai membaca cerita mereka akan membakar duri dari semak-semak. Bila duri terbakar habis sampai menjadi abu, maka keberuntungan akan datang di tahun baru. Saat api sudah mati, setiap orang akan melompat di atas abu sebanyak tiga kali sambil membuat permintaan.

Betlehem
Di Betlehem, Natal dirayakan dengan sangat meriah. Hampir seluruh kota dihiasi dengan umbul-umbul dan dekorasi Natal. Saat malam Natal, para turis dan penduduk berkumpul memenuhi gereja dan menyaksikan prosesi tahunan berupa opera dan arak-arakan. Setiap keluarga Nasrani akan memberi tanda silang di pintu rumah mereka serta memasang sebuah bintang berukuran besar di alun-alun.

Spanyol
Di Spanyol, saat merayakan Natal, biasanya Nacimiento atau diorama kelahiran Yesus diletakkan di tengah ruangan. Selanjutnya, pada hari Natal seluruh anggota keluarga berlutut mengelilingi diorama tersebut sambil berdoa dan menyanyikan lagu-lagu Natal. Kebiasaan yang dilakukan anak-anak adalah meletakkan sepatu-sepatu mereka di jendela yang diisi dengan berbagai permen dan mainan.

Australia
Tidak seperti suasana Natal yang seringkali digambarkan jatuh pada musim dingin, Natal di Australia justru jatuh pada musim panas. Karena itu, banyak aktivitas bernuansa Natal yang mereka lakukan di kolam renang, pantai, atau pusat perbelanjaan. Permainan kriket yang dimulai sehari sesudah Natal dan perlombaan perahu dayung dari Sydney ke Hobart di Pelabuhan Sydney adalah dua acara olah raga penting yang diadakan tiap Natal. Namun seperti layaknya tradisi Natal di berbagai negara lain, keluarga Kristen di Australia biasanya juga meluangkan waktu untuk berkumpul dan makan bersama di malam Natal.

Jadi, tradisi mana yang menurut Anda paling menarik?

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)