Yuk Ikut Organisasi!

9 Desember 2013 Artikel Pendidikan


Di setiap sekolah biasanya terdapat ekstrakurikuler, yaitu organisasi-organisasi yang mewadahi kegiatan para siswa. Penting gak sih keberadaan organisasi-organisasi itu, mengingat aktifitas belajar kita saja sudah terasa melelahkan?

Organisasi ekstrakurikuler ini tentu saja ada manfaatnya. Kalau mubazir, mungkin sekolah sudah menutup kegiatan-kegiatan itu. Apalagi sekolah sering dimintai dana kalau ada kegiatan. Salah satu manfaat ekstrakurikuler adalah wadah kita berlatih berorganisasi. Berorganisasi itu perlu lho...

Ada beberapa definisi mengenai organisasi, menurut James D. Mooney organisasi adalah bentuk dari sebuah pekumpulan atau perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

Nah, sekarang yuk kita kupas manfaat mengikuti organisasi dibawah ini:

  • Manfaat pertama dalam mengikuti kegitan organisasi adalah kita bisa mendapatkan banyak ilmu. Maksudnya adalah kita bisa belajar apa saja dengan bertemu orang yang memiliki potensi berbeda. Bertukar informasi dan ilmu di dalam satu lingkungan organisasi.
  • Memiliki banyak teman. Dengan mengikuti organisasi otomatis kita akan mendapatkan teman karena sering melaukan interaksi bersama di dalam organisasi tersebut. Hal ini juga bisa memperluas jaringan networking, bertemu dengan senior dan junior ataupun dengan orang lain di sekolah yang berbeda. Jangan meremehkan hal tersebut karena mereka bisa memberikan informasi yang sangat berguna seperti lowongan pekerjaan dan informasi penting lainnya.
  • Manfaat ketiga adalah organisasi bisa menjadi suatu gambaran kecil dalam kehidupan. Organisasi merupakan ruang lingkup kecil dalam kehidupan dan di sini kita mengenal adanya struktur organisasi dimana terdapat ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara dan anggota yang merupakan satu kesatuan keluarga untuk mencapai tujuan bersama.
  • Belajar mengatur waktu dan disiplin. Ketika mengikuti organisasi, waktu belajar yang biasa kita gunakan otomatis akan terpakai. Di sini kita akan belajar mengatur dan memanfaatkan waktu supaya kualitas dan kuantitas kegiatan keduanya bisa berjalan dengan lancar.
  • Melatih leadership, belajar mengeluarkan pendapat, problem solving dan manajemen konflik. Ketika mengikuti kegiatan organisasi, kita pasti akan mengurus suatu acara yang melibatkan banyak orang. Di sini kita belajar untuk memiliki karakter dan sikap yang aktif dalam membuat konsep, membuat strategi dan solusi. Di dalam berorganisasi pasti akan ada beda pendapat dan kita harus bisa menyelesaikan permasalahan tersebut dengan menghargai pendapat orang lain dan bisa menghasilkan solusi demi kepentingan bersama.
  • Berperan sebagai kehidupan sosial dan pendewasaan diri. Orang yang mengikuti kegiatan berorganisasi biasanya lebih aktif dibandingkan orang yang tidak mengikuti organisasi. Di dalam organisasi kita akan menemukan berbagai macam tipe orang, dengan seringnya berinteraksi kita bisa mengetahui karakteristik orang lain. Di dalam organisasi juga kita harus belajar untuk bertanggung jawab dalam setiap rencana dengan berbagai resiko, memilih mana yang baik dan tidak dan lebih berani dalam mengambil keputusan. Hal tersebut bisa meningkatkan kita menjadi manusia yang lebih dewasa.
  • Menyalurkan minat dan bakat. Kalau kamu hobi olahraga, tidak ada salahnya kamu ikut organisasi keolahragaan. Juga kalau kamu suka dan bercita-cita menjadi peneliti, kamu bisa coba masuk Kelompok Ilmiah Remaja. Kalau kamu suka dengan dunia kerelawanan, kamu bisa ikut Palang Merah Remaja. Atau kalau kamu suka dengan alam bebas, kamu bisa ikut organisasi pecinta alam. Semua organisasi ini mewadahi minat dan bakat kamu. Tentu saja minat dan bakat yang ditampung adalah minat dan bakat yang positif. Ayo, coba gali. Adakah minat dan bakat kamu yang sesuai dengan organisasi eksrtrakurikuler di sekolah?
  • Merangsang kreativitas. Tiap organisasi punya tujuan. Untuk mencapai tujuan, dibutuhkan kreatifitas dari para anggotanya. Selain itu, tugas yang diberikan pada kita pun butuh kreatifitas untuk menuntaskannya. Dalam organisasi lah kita belajar kreatifitas yang benar, bukan kreatifitas buruk seperti melakukan manuver mencontek yang jitu saat ujian.


Nah, bagaimana banyak kan manfaat mengikuti kegiatan organisasi? Penjelasan manfaat tersebut bisa ditarik kesimpulannya bahwa kegiatan berorganisasi merupakan latihan, pembelajaran dan pembentukan diri kita sebagai manusia untuk mempersiapkan tantangan kehidupan yang lebih besar nantinya di dalam dunia kerja, keluarga dan lingkungan sosial.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)