Yuk Daur Ulang dan Dapatkan Manfaatnya!

13 Oktober 2014 Artikel Pendidikan


Daur ulang adalah proses untuk menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya sampah yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna, mengurangi penggunaan bahan baku yang baru, mengurangi penggunaan energi, mengurangi polusi, kerusakan lahan, dan emisi gas rumah kaca jika dibandingkan dengan proses pembuatan barang baru.

Daur ulang adalah salah satu strategi pengelolaan sampah padat yang terdiri atas kegiatan pemilahan, pengumpulan, pemrosesan, pendistribusian dan pembuatan produk / material bekas pakai, dan komponen utama dalam manajemen sampah modern dan bagian ketiga adalam proses hierarki sampah 3R (Reuse, Reduce, and Recycle).

Banyak orang lebih suka kepraktisan, sehingga mereka tidak mau memberdayakan lagi kemasan seperti botol-botol bekas yang seharusnya masih bisa digunakan kembali. Padahal dengan memanfaatkannya kembali, permasalahan dengan sampah sisa kemasan pasti bisa berkurang secara teratur. Nah, untuk itu daur ulang sangatlah bermanfaat.

Ada beberapa langkah yang bisa kita jadikan contoh untuk mengurangi sampah yang dihasilkan setiap harinya misalnya adalah tidak menggunakan plastik saat berbelanja dan digantikan dengan tas kain, lalu membuat rak dari styrofoam bekas, dan masih banyak lagi.

Manfaat pengelolaan sampah adalah:

  1. Penghematan sumber daya alam
  2. Penghematan energi
  3. Penghematan lahan TPA
  4. Lingkungan asri (bersih, sehat, nyaman)
  5. Mengurangi pencemaran


Namun, jika kita tidak mendaur ulang sampah atau tidak memanfaatkannya maka yang terjadi adalah longsor tumpukan sampah, sumber penyakit, pencemaran lingkungan dan menyebabkan banjir. Untuk itu, mari kita lakukan daur ulang dan menghemat pemakaian barang-barang.

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)