Yuk, Cari Tahu Jenis-Jenis Beasiswa!

3 Desember 2019 Artikel Pendidikan


Bagi Anda yang masih melanjutkan studi, pasti Anda akan senang jika di tawari beasisiwa apalagi beasiswa ke luar negeri. Pasti menyenangkan, bukan? Orang berbondong-bondong akan mengejar beasiswa tersebut supaya ia bisa belajar dengan tenang. Apakah yang dillakukan agar mendapat beasiswa? Tentu saja belajar dengan giat.

Menurut orang banyak, beasiswahanyalah bantuan berupa biaya yang didapatkan untuk melanjutkan berbagai studi seperti sekolah dan kuliah namun tahukah Anda beasiswa ternyata beragam? Nah.. disini kita akan membahas beberapa macam beasiswa supaya kita bisa membedakan dan dapat memilih beasiswa mana yang cocok untuk Anda.

1. Beasiswa Olahraga
Beasiswa ini diberikan kepada para atlet yang mengikuti tes dan berhasil . Disinilah fungsi beasiswa olahraga muncul yaitu dapat belajar untuk mengembangkan talenta dengan sarana yang mencukupi. Biasanya atlet ini direkrut dari sekolah/kampus dan disatukan dalam sebuah kelompok yang telah direncanakan. Biasanya atlet yang telah direkrut akan mendapat beasiswa penuh dari rekruitmen/donatur.

2. Beasiswa Berdasarkan Kebutuhan (Kurang Mampu)
Pendonor yang memberikan beasiswa biasa melihat berbagai kesulitan dari orang seperti pendapatan orang tua yang pas-pasan, pengeluaran hidup yang tinggi, dan beban pendidikan. Beasiswa macam ini memberikan keuangan yang murni dan sepenuhnya.

3. Beasiswa Hibah (Jasa)
Orang yang menerima beasiswa ini biasanya prestasi dan kinerjanya secara akademis atau bekerjanya. Beasiswa ini banyak jenisnya seperti pegawai yang ingin melanjutkan studinya, karena ia bagus dalam bekerja maka ia dikuliahkan oleh perusahaan.

4. Beasiswa dari Sekolah
Beasiswa ini biasa diberikan sekolah bagi siswa yang berprestasi namun kurang mampu dengan memberikan keringanan terhadap biaya pendidikan agar siswa tidak terbebani pikiran saat ia belajar.

5. Beasiswa Full / Secara Parsial
Jika Anda beruntung mendapatkan donator yang baik hati, semua tanggungan hidup Anda dari hidup, sekolah, kebutuhan lain dapat ditanggung oleh donatur yang memberikan beasiswa. Namun ada juga beasiswa secara parsial yaitu hanya memberikan biaya kebutuhan buku tulis dan pelajaran juga biaya sekolah tapi tidak termasuk dalam biaya hidup. Beasiswa ini tidak menuntut yang lain hanya Anda harus mempertahankan dan meningkatkan prestasi belajar Anda.

Nah.. sudah tahukan jenis beasiswa seperti apa? Jika Anda sudah tahu jenis beasiswa yang Anda minati, ada tips yang dapat Anda gunakan untuk memburu beasiswa yang Anda inginkan.

  1. Khusus untuk kuliah, cari tahu beasiswa kuliah setidaknya setahun sebelum Anda mendaftarkan diri ke universitas yang Anda minati.
  2. Siapkan data/ dokumen selengkap mungkin untuk membantu Anda dalam mencari informasi
  3. Cari dan temukan bakat Anda untuk mendapatkan beasiswa tersebut
  4. Mintalah masukan dari para senior Anda atau yang pernah mendapatkan beasiswa tersebut
  5. Andalkan teman Anda sebagai link Anda dengan informasi beasiswa. Dengan mengandalkan teman, Anda dapat menggali lebih banyak informasi.
  6. Cobalah Anda membaca beberapa buku tips mendapatkan beasiswa
  7. Selalu tetap optimis dan jangan lupa berdoa.


Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)