Yuk Bermain Ini Supaya Si Kecil Mengenal Angka

21 November 2019 Artikel Pendidikan


Perlu cara tersendiri untuk mengajarkan sesuatu yang baru kepada si kecil. Selain itu kita harus lebih sabar dalam mengulang-ngulang apa yang kita ajarkan. Termasuk jika anak sedang belajar mengenal angka.

Melalui permainan akan lebih mudah bagi anak untuk belajar. Orang tua harus cerdas dalam mengajarkan kepada anak. Permainan yang diterapkan juga perlu disesuaikan dengan kemampuan anak.

Berikut ini adalah beberapa permainan yang dapat diterapkan untuk mengenalkan anak kepada angka:

Membuat angka dengan menggambar

Hal yang paling umum yang dapat Anda lakukan adalah membuat angka dengan menggambar.. Di rumah, Anda dapat membuat gambar sesuai dengan angka yang Anda tulis. Misalnya, jika Anda menulis angka 3, sertakan pula gambar burung dengan jumlah 3.

Mencocokkan angka

Cara ini lebih sederhana. Anda dapat mencoba menggambar dengan bentuk angka yang hampir sesuai. Misalnya kursi untuk angka 4 dan tongkat untuk angka 1, lalu biarkan anak Anda menebak dengan benar.

Angka lompat

Anda dapat menggunakan monopoli atau ular tangga. Biarkan si kecil menghitung jumlah angka pada dadu dan biarkan ia menghitung sendiri di angka mana ia akan berhenti. Ini adalah cara yang cukup menyenangkan, yang biasa Anda coba.

Menghitung angka

Cara ini adalah cara supaya anak Anda mudah mengingat angka. Anda dapat mengambil beberapa lembar kertas dan menuliskan angka 1- 10 di atasnya. Lalu sembunyikan kertas tersebut di sekitar rumah Anda dan biarkan si kecil mencari kertas sesuai angka yang Anda sebutkan.

Angka jiving

Ajarkan gerakan tertentu pada anak Anda dan sesuaikan dengan angka. Misalkan Anda mengatakan 'sembilan' maka biarkan si kecil memperagakan gerakan selama 9 kali. Sebutkan 'satu', dan biarkan ia mengulangi gerakan sekali saja. Menyenangkan bukan ?

Tebak angka

Yang satu ini juga permainan yang menarik. Anda dapat membuat si kecil menebak berdasarkan petunjuk yang Anda berikan. Contohnya Anda dapat menggambar rumah dan menamai rumah sebagai nomor 5. Atau Anda dapat menggambar pohon dan menamainya sebagai nomor empat. Permainan ini sangat menyenangkan, selain itu dapat meningkatkan kecerdasan anak Anda pula.

Jika Anda memiliki permainan lain yang menyenangkan, juga bisa Anda terapkan. Permainan angka yang menyenangkan, akan membuat anak Anda lebih mudah menghafal angka.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)