Yuk Belajar Bersyukur Agar Kita Bahagia

18 November 2013 Artikel Pendidikan


Cara paling mudah untuk bahagia adalah bersyukur. Tidak percaya? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Bersyukur memang terdengar mudah, namun terkadang kita mudah melupakannya. Atau lebih buruk lagi ketika kita bahkan tidak bisa melihat betapa beruntungnya kita telah memiliki apa yang kita miliki saat ini di dalam hidup. Dan ironisnya kita selalu membandingkan kehidupan kita dengan orang lain. Padahal belum tentu kehidupan orang lain yang kita sebut "lebih baik" dari kita itu lebih baik dari kehidupan kita sendiri.

Selalu bersyukur merupakan elemen yang penting untuk hidup bahagia. Membuat kita tetap positif dan optimis yang kadang sangat kita butuhkan untuk menghadapi hal-hal yang tidak bisa kita kendalikan. Percaya bahwa bersyukur dan tetap positif membuka banyak kesempatan lain yang akan membuat kita semakin bersyukur. Sedangkan apabila kita terus menerus berpikir negatif dan berburuk sangka, justru akan menjadi self-fulfilling prophecy hal terburuk kita bayangkan, akan terjadi. You are what you think.

Nah, bagaimana belajar untuk bersyukur?

1. Sekecil apapun itu, bersyukurlah


Jika hari ini kita diberi kemudahan dalam segala urusan, bersyukurlah. Namun, jika hari ini ada gangguan dan rintangan hadapilah, optimis dan positive thinking agar masalah tersebut cepat terselesaikan dan janganlah lupa untuk bersyukur.

Hal paling terkecil yang jarang sekali orang sadari adalah bersyukur karena masih diberi kesempatan untuk bernapas hidup didunia ini dengan dikelilingi oleh orang-orang yang kita sayangi.

Lebih baik membahagiakan diri dengan bersyukur atas apa yang kita miliki daripada menyengsarakan diri dengan mengeluh atas apa yang belum diraih.

2. Mengubah negatif menjadi positif

Dengan bersyukur, akan lebih mudah untuk mengubah negatif menjadi positif. Mungkin banyak dari kita yang tidak diajarkan untuk berpikir positif dan bersyukur akan apa yang kita miliki. Padahal perilaku kita dan bagaimana kita melihat dunia, ditentukan dari bagaimana kita berpikir. Jadi, ketika merasa capek karena harus lembur dan kerjaan yang tidak ada habis-habis, bersyukurlah bahwa kita masih memiliki pekerjaan. Kalau kita bisa mengubah cara berpikir kita, maka dunia kita dan cara kita melihat dunia, akan berubah. Jadi lebih berwarna, tentunya.

3. Nikmati setiap momen

Dari semua yang kita alami, baik dan buruk, senang dan susah, pasti ada hikmah di baliknya. Kadang kita mengerti hikmahnya pada saat itu terjadi, kadang beberapa waktu kemudian, atau bertahun-tahun yang akan datang. Tapi satu yang pasti, percaya bahwa segala sesuatu terjadi karena ada alasan di baliknya. Everything happens for a reason. Jadi, nikmati saja semua momen dalam hidup. Karena momen-momen inilah yang membentuk keseluruhan hidup kita.

Nah, jadi bagaimana? Yuk mulai belajar untuk bersyukur atas apa yang terjadi pada kita.

Saat anda bersyukur sudah pasti kebahagiaan bertambah tetapi saat anda mengeluh sudah pasti kebahagiaanmu berkurang.

Oleh: Ariyanti

(Dikutip dari berbagai sumber)